back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaDaerahTari Kolosal 1000 Barong, Sambut Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1219

Tari Kolosal 1000 Barong, Sambut Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1219

KABUPATEN KEDIRI-Tari kolosal 1.000 barong menyambut Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1219 tahun, berlangsung di Simpang Lima Gumul (SLG), Minggu 12 Maret 2023. Aksi ini menarik perhatian penonton dari berbagai daerah di Indonesia.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan Alhamdulillah hari ini dapat mengadakan acara 1.000 barong. Dan ini masih pemanasan dengan kekurangan dan kelebihan, diharap dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Kediri yang bertepatan pada 25 Maret 2023 mendatang. Tepat pada 25 Maret 2023, Kabupaten Kediri usianya sudah 1219. Sedangkan Indonesia itu baru Ke-77 tahun. Dan rata-rata kabupaten kota lain, masih dirastusan usianya.

“Jadi Kabupaten Kediri salah satu kabupaten tertua di Indonesia. Kita mengusung tema “Sahitya Adikara Budaya” atau sinergi membangun dengan berbudaya, sinergi membangun Kediri dengan berbudaya. Saya sebagai Bupati Kediri mendoakan seluruh masyarakat Kabupaten Kediri dan seluruh masyarakat yang hadir. Tadi ada yang hadir dari Nganjuk, Sidoarjo, Bontang. Ini luar biasa sekali,” ujarnya.

Baca juga Peringati HPN Ke-77, Dari Mulai Sunatan Massal, Jalan Santai Hingga Deklarasi Damai Pencak Silat, Dihadiri Walikota Kediri

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo menambahkan syukur Alhamdulillah hari ini ada  1.000 barong dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kediri yang Ke-1219. Tahun 2022 Bupati telah menjanjikan akan menggelar 1.000 barong dan Alhamdulillah terlaksana. Dan ini sangat menggembirakan pesertanya. Tidak hanya Kabupaten Kediri atau Kota Kediri saja. Namun berbagai daerah.

“Dari mulai Kutai, Bontang, Sumatera Utara, Banten, Jogja, Solo, Semarang, dan Jawa Timur keseluruhan, Pasuruan, Jombang, Nganjuk dan berbagai macam daerah telah ikut meramaikan 1.000 barong,” tambahnya.

Baca juga Pemkot Kediri Dorong Semua Pelaku Usaha Mamin Bersertifikat Halal

Artinya bahwa kesenian barongan dan jaranan merupakan tradisional yang masih sangat diminati.  Ini salah satu bentuk melestarikan budaya seni Kabupaten Kediri dan seluruh Indonesia.

Hampir 2.500 lebih total pembarong, terdiri dari Kabupaten Kediri sebanyak 1.400, kemudian dari luar daerah sisanya. “Insya Allah tadi Mas Bupati juga akan menyajikan lagi tahun-tahun mendatang, karena dinilai masyarakat kita, enak tidak ada masalah, sehingga akan kita laksanakan lagi tahun-tahun mendatang,” tutupnya. (lik).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News