back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaBogor RayaSambut Bulan Suci Ramadan, Warga BCA Tata Lingkungan 

Sambut Bulan Suci Ramadan, Warga BCA Tata Lingkungan 

KABUPATEN BOGOR-Sambut datangnya Bulan Suci Ramadan, warga Bumi Citra Asri (BCA) RT 04/12 Desa Tonjong, Tajurhalang, Kabupaten Bogor melakukan kerjabakti. Berlangsung pada Sabtu 11 Maret 2023 sejak pagi hingga siang.

Ketua RT 04 Hery Suheri menyampaikan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan perlu dilakukan perapian dan penataan lingkungan. Memotong rumput di pinggiran jalan, serta di sekitaran lapangan sebagai fasilitas umum warga RW 12. 

“Pagi ini kami melakukan kerjabakti bersama warga. Dengan kerjabakti, selain menjaga lingkungan menjadi bersih, indah dan asri juga kebersamaan keluarga besar di perumahan menjadi lebih hangat,” ujar ayah dua anak itu.

Di dampingi Bendahara RT 04, Nashoruddin,  Pak RT sapaan warga, menceritakan jika  di RW 12 terdiri dari RT satu, hingga empat. Namun titik fasos fasum yang paling luas ada di RT 04. Kedua ada di RT 03. Maka wajar ketika melaksanakan kerjabakti, titik yang harus digarap juga lebih panjang dan membutuhkan energi besar. 

Kerjabakti-Sekretaris RT 04 Sunarto saat hendak memotong rumput, Sabtu 11 Maret 2023.

Di sisi lain keterbatasan tenaga serta alat menjadi hambatan tersendiri. Misalnya terkadang mesin potong rumput ada yang trouble. Beruntung ada warga yang memiliki keahlian mekanik. Seperti Ardian serta salah satu Pengurus RW 12 Heru Handoko. Keduanya mahir untuk mengatasi masalah alat-alat  kerja bakti. 

“Yang penting lingkungan bersih dan enak dipandang mata. Semuanya untuk kebersamaan seluruh warga RW 12,” tambah ia.

Momen kerja bakti juga bagian dari ajang saling sapa antar warga. Aktivitas sehari-hari dilakoni warga di wilayah  DKI Jakarta, menjadikan  hampir tidak ada waktu untuk kumpul-kumpul. Sementara saat  akhir pekan tiba, digunakan untuk keluarga, istirahat, atau sekedar makan dan jalan. 

“Karena kerjabakti dilakukan atas dasar kesadaran dan memang waktunya juga kondisional. Maka tidak ada paksaan. Jadikan kerjabakti ini sebagai ibadah. Dan kami bersyukur ini betul-betul terasa sekali kekompakannya. Jadi ini kesempatan yang tepat,” kelakarnya di dampingi Sekretaris RT Sunarto.

Di RW 12 sedikitnya ada 450 unit rumah. Kawasan ini digarap oleh  PT. Riscon Victory. Mulai dihuni sekitar tahun  2013-an silam, dengan luas lahan berkisar  4-5 hektare.  (red).

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News