back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaPendidikanRatusan Siswa Ikuti Seleksi Capaska

Ratusan Siswa Ikuti Seleksi Capaska

TANGSEL, HARIANRAKYAT.ID-Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) tahun 2023 telah dimulai sejak Senin (8-10/5/2023) di Pamulang Community Center (PCC) oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangsel. Total peserta yang ikut dalam Capaska sebanyak 397 anak.

Kepala Kesbangpol Kota Tangsel, Chaerul Saleh menjelaskan, bahwa berkenaan dengan aturan baru dari pemerintah pusat, yang mana leading sektor biasanya diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), maka berganti pada Kesbangpol. Karena ini sudah menjadi tugas pokok dan fungsi maka dilaksanakan dengan sebaiknya.

“Kami tengah melaksanakan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka merah putih, yang dilaksanakan sejak hari kemarin (Senin red), hingga hari ini dan diperkirakan sampai Rabu,” ujarnya.

Selain adanya perubahan nomenklatur penyelenggaraan, berpindah dinas, juga ada kebijakan baru tentang upacara tahun ini bakal diadakan dua kali, pertama pada 1 Juni peringatan Hari Kesaktian Pancasila serta upacara 17 Agustus. Maka persiapan harus dilakukan secara matang. “Tahun ini sesuai instruksi dari pemerintah pusat upacaranya dua kali, Juni dan 17 Agustus,” tambah ia.

Panitia seleksi terdiri dari berbagai, berbagai unsur, TNI dan perwakilan dari Provinsi Banten seperti Persatuan Paskibraka Indonesia (PPI). Panitia menyeleksi dengan menggali kemampuan peserta, apa yang mereka miliki tentunya menjadi pembeda. Baik kecakapan dalam komunikasi, atau memiliki keahlian lain seperti seni bela diri, dan kemampuan berbahasa asing dengan baik. Itu semua menjadi nilai tambah.

“Untuk seleksi hari kedua meliputi penilaian  PBB, samapta serta fisik, seperti tinggi badan dan lain sebagainya. Kemudian baru akan umumkan dalam tahap berikutnya yakni pengecekan medis,” jelasnya.

Dirinya berpesan, kepada siswa yang lolos diharapkan berlatih dengan totalitas, supaya hasilnya bagus. Selain keseriusan mengikuti seleksi juga bisa menjadi pengalaman berharga dalam mengibarkan bendera merah putih. Demikian juga berharap, bagi yang tidak lolos, jangan berkecil hati dan tetap bersemangat masih ada kesempatan lagi.

“Dengan seleksi ini semoga akan menghasilkan Paskibraka hebat, bahkan sampai lolos di tingkat provinsi serta mampu mewakili Banten untuk tingkat nasional. Sehingga dapat membawa nama harum Kota Tangsel. Kami juga berharap tampilkan sebaik mungkin saat mengikuti seleksi,” doanya.  (red).

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News