back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaBantenPMI Tangsel Cukupi Stok Darah 1.200 Kantong Perbulan

PMI Tangsel Cukupi Stok Darah 1.200 Kantong Perbulan

TANGSEL-PMI Kota Tangsel memastikan stok persediaan kantong darah tercukupi sebesar 1.200 per bulan. Seiring dengan banyaknya pendonor, ketimbang saat Covid-19 melanda.

Hal itu diutarakan Kabid Humas PMI Kota Tangsel Adji Ekawarman Hasan menjelaskan tak lagi terjadi krisis seperti Covid-19 melanda. Saat itu, diakui cukup sulit mendatangkan pendonor. Disisi lain memang kebutuhan juga banyak. Tapi sekarang kondisinya sudah normal kembali.

“Stok darah Kota Tangsel tercukupi dengan kuota 1.200 per bulan. Kita tidak lagi krisis darah saat covid, karena sangat sulit sekali ada pendonor. Saat ini kembali normal, per hari atau akhir pekan Sabtu Minggu bisa dua hingga tiga ratus kantong darah,” ujarnya.

Sambung ia, jenis golongan darah terbilang tersulit yaki AB dan A. Sedangkan umumnya paling banyak golongan O dan B. berdasarkan pengalaman baru-baru ini ada salah satu rumah sakit di Jakarta membutuhkan rhesus negatif, untuk kesembuhan pasien. Sementara golongan darah ini cukup sulit, yang hanya dimiliki para orang asing.

“Di kita jarang. Maka kami mengimbau kepada orang-orang asing untuk ikut donor darah. Sedangkan kita (Indonesia) adalah rhesus positif. Kita membutuhkan sekali,” tambah ia.

Permintaan kantong darah berasal dari berbagai rumah sakit, tidak terbatas di Tangsel, tapi juga Jakarta. Bahkan waktu Covid-19 PMI Tangsel mengirimkan ke berbagai wilayah, di mana Banten waktu itu yang memiliki alat hanya Tangsel. Disusul kabupaten kota lainnya di Provinsi Banten.

“Untuk mencukupi stok kantong darah, kita sudah lama bekerjasama dengan komunitas, baik gereja, masjid, kampus dan berbagai komunitas lainnya. Biasanya kita mengingatkan jika sudah tiga bulan, kepada mereka. Maka masing-masing menggerakan komunitasnya,” bebernya.

Adapun manfaat daripada donor, jika dilihat dari sisi religi bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk bekam setiap tiga bulan sekali. Tujuan Untuk membuang darah yang kotor atau membuang penyakit. Nanti darah yang keluar akan tergantikan oleh tubuh. Bahwa tubuh memproduksi darah sendiri apabila tubuh sehat.

“Allah SWT sudah tentukan, darah akan kembali dengan jumlah yang sesuai dalam tubuh. Berapa yang keluar itu akan terganti lagi, tidak pernah akan kelebihan, tidak pernah kekurangan. Tapi ada orang-orang yang sakit, membutuhkan darah tambahan. Itulah fungsinya donor darah,” ia merinci.

Lalu apa fungsinya bagi pendonor. Pendonor akan merasa lebih sehat karena darahnya akan terganti dengan produksi yang baru. Sehingga badan akan menjadi sehat. Fungsinya sangat banyak utamanya untuk menyehatkan. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News