back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaDaerahKetua TP PKK Kediri Ajak Warga Lengkapi Imunisasi

Ketua TP PKK Kediri Ajak Warga Lengkapi Imunisasi

KOTA KEDIRI, HARIANRAKYAT.ID-Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar berharap capaian imunisasi semakin tinggi dan kesadaran masyarakat meningkat. Hal itu disampaikan dalam bincang santai vaksinasi bersama mitra/kelompok masyarakat, Rabu (10/5/2023) di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri.

Bincang santai ini bertajuk Cegah Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit yang dicegah dengan imunisasi (PD3I) dengan imunisasi lengkap, saat memperingati pekan imunisasi dunia tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Kesehatan

“Bulan imunisasi anak nasional 2022 lalu, capaian kita sudah baik. Kita harapkan lebih tinggi lagi. Imunisasi ini merupakan kebutuhan dasar karena sejak kita lahir sudah imunisasi. Keberadaan imunisasi harus kita syukuri karena sifatnya preventif,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Bunda Fey menjelaskan melibatkan kader PKK dan unsur organisasi masyarakat. Sebab ibu-ibu dianggap memiliki pengaruh di masyarakat yang cukup kuat.

“Ibu-ibu ini harus aktif mengajak masyarakat sekitarnya untuk melengkapi imunisasi dasar. Dinas Kesehatan melalui Puskesmas sudah melakukan imunisasi di sekolah-sekolah,” tambahnya.

Bahkan sekarang pemerintah menambahkan vaksin HPV menjadi imunisasi dasar meskipun saat ini kuotanya masih terbatas. Hal ini menjadi berita baik karena kanker serviks masih menjadi pembunuh nomor satu bagi wanita. 

“Beberapa waktu lalu kita dengar di berita ada yang masih terjangkit polio di Indonesia dan itu menjadi kejadian luar biasa. Hal itu tidak kita inginkan lagi karena vaksin untuk mencegah sudah ada,” beber ia.

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ini menambahkan kader dan Dinkes harus terus mengedukasi masyarakat mengenai imunisasi. Apabila masih ada masyarakat yang masih meragukan kehalalan vaksin ataupun takut akan efek samping maka kader dan Dinkes harus memberikan fakta yang benar.

“Vaksin-vaksin kita ini aman karena kita punya MUI yang bekerja meneliti itu jadi tidak perlu ragu lagi ketika ada kesempatan imunisasi ambil saja,”

Narasumber dalam kegiatan ini dari IDI, dr. Renyta Ika, dan Kepala Dinas Kesehatan Fauzan Adima dan tamu undangan lainnya. (lik).

BalasTeruskan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News