back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaPeringati HLUN, Pilar Berpesan untuk Terus Jaga Kesehatan

Peringati HLUN, Pilar Berpesan untuk Terus Jaga Kesehatan

KOTA TANGSEL, HARIANRAKYAT.iD – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 Tingkat Kota Tangerang Selatan digelar secara semarak dari halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Serpong, pada Senin (29/5/2023).

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa peringatan ini sebagai refleksi untuk terus menjaga kesehatan, kebugaran serta tetap produktif di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga terus diberikan kesehatan, diberikan umur panjang dan rezeki aamiin,” ucap Pilar.

Apalagi kata Pilar terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tangerang Selatan sangat tinggi. Dimana salah satunya ada indikator angka harapan hidup.

“Di Tangsel angka harapan hidup hampir 72 tahun artinya bahwa dengan harapan hidup yang cukup tinggi ini mengindikasikan bahwa masyarakat Tangsel ini kondisinya sehat walafiat sampai di masa tuanya banyak sekali masyarakat Tangsel yang beraktivitas,” terangnya.

Dan melalui program Pemkot Tangsel di bidang kesehatan juga terus diberikan kepada seluruh masyarakat termasuk para lansia.

“Kita ada ngider sehat, kita siapkan sarana prasarana dan tenaga kesehatannya juga dilengkapi mulai dari posyandu, puskesmas hingga rumah sakit,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, dr. Allin Hendalin mengatakan kegiatan peringatan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap para lansia.

Diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari skrining kesehatan, senam, hingga penilaian kemandirian lansia.

“Lansia di Tangsel adalah potensi bangsa bukan menjadi beban siapapun,” ujar Kadinkes Tangsel.

Apalagi berdasarkan penilaian kemandirian lansia dari 161.102 jiwa dilakukan kriteria A, B dan C. Dimana hasil dari penilaian tersebut sebanyak 91,06 persen termasuk kriteria A.

“Yang artinya lansia mandiri yang dalam kehidupan sehari-hari tidak memerlukan bantuan orang lain,” jelasnya.

Kemudian kriteria B, sebanyak 8,89 persen yang artinya sebagian kegiatannya dibantu orang lain.

“Dan kriteria C sisanya, yang semua kegiatannya dibantu orang lain,” ucapnya.

Penilaian ini berdasarkan pengukuran bagaimana mereka melakukan kegiatan dasar seperti mandi, makan, berpakaian, dan berpindah tempat. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News