back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaMusrenbang Cireundeu Kota Tangsel, Usul 14 Kegiatan Fisik 6 Pemberdayaan

Musrenbang Cireundeu Kota Tangsel, Usul 14 Kegiatan Fisik 6 Pemberdayaan

KOTA TANGSEL-Musrenbang Kelurahan Cireundeu Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel mengusulkan 20 kegiatan F1. Dari 20 usulan, 16 usulan fisik sedangkan 4 usulan non fisik untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, berlangsung pada Senin 16 Januari 2023.  

Hal itu disampaikan oleh Lurah Win Fadlianta seusai menggelar Musrenbang jika usulan tersebut memang prioritas. Diharapkan dengan masuk prioritas tahun depan semua dapat terealisasi. Usulan fisik seperti perbaikan jalan lingkungan dan drainase. Besaran pagu mencapai Rp 2 miliar.  

“Usulan dari Kelurahan Cirendeu empat belas kegiatan, dan enam sisanya kegiatan pemberdayaan masyarakat, kesehatan dan pendidikan,” ujar Win, Selasa (17/01).                     

Lanjut ia, usulan yang diajukan berdasarkan potensi di masing-masing wilayah terkait. Musrenbang salah satu wadah dalam mengusulkan pembangunan di wilayah. Sehingga ada pemerataan. Masyarakat dari masing-masing perwakilan juga bisa berdiskusi. Sekaligus dapat menyampaikan kepada warganya bahwa usulan tahun ini untuk pembangunan tahun depan.

“Jangan sampai, masyarakat menanyakan kenapa belum juga dibangun. Masyarakat wajib mengetahui dan harus disampaikan soal informasi itu,” tambah ia.

Demikian disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Tangsel, Mulyanah Anwar bahwa masyarakat dapat mengusulkan pembangunan di lingkungan melalui Musrenbang kelurahan yang didahului pra musrenbang tingkat RW.

”Dalam Musrenbang harus mengutamakan kebutuhan paling prioritas. Memang semua usulan tentunya penting tapi karena ada keterbatasan perlu didahulukan yang lebih urgen,” ujarnya.

Yang terpenting memang, jika ada usulan yang tidak tertampung pada Musrenbang tingkat kelurahan dapat diajukan saat reses dewan. Dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir ketika tidak masuk di usulan Musrenbang Kelurahan. Masih ada langkah lain, termasuk juga usulan OPD. “Bagi ada usulan belum terakomodir bisa mengusulkan saat reses dewan,” tambah ia.

Camat Ciputat Timur, Hamdani HS menyampaikan, kesempatan menyampaikan usulan untuk pembangunan di wilayah digunakan oleh para perwakilan. Dengan harapan, kondisi-kondisi yang ada dan mendesak cepat diperbaiki. Namun memang harus melalui proses tahapan. Dan tidak semua masuk di F1. Ada yang masuk di F2.

“Dari pagu anggaran yang ada, 60 persen adalah usulan pembangunan fisik. Sedangkan 40 persennya untuk pembangunan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan berkaitan dengan bagaimana meningkatkan SDM yang ada di lingkungan. Dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan juga seiring dengan meningkatnya keterampilan  baik para pemuda dan lain-lain,” pesannya.

Musrenbang dihadiri, tokoh masyarakat, RT dan RW, tokoh pemuda, TP PKK, para kader posyandu dan kader PKK. Serta seluruh perwakilan pengurus lingkungan wilayah Cireundeu.  (red).

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News