HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
HARIANRAKYAT.ID Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
BerandaTangerang RayaModerasi Beragama Tak Hanya Slogan, Begini Aksi Kemenag Tangsel

Moderasi Beragama Tak Hanya Slogan, Begini Aksi Kemenag Tangsel

KOTA TANGSEL, HARIANRAKYAT.ID– Kemang Kota Tangerang Selatan (Tangsel) secara serius mengimplementasikan Moderasi Beragama dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Kini Tim Pokja Kampung Moderasi Beragama (KMB) Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel kemarin, Kamis (15/06/2023) melakukan survey lokasi rintisan KMB. Berlokasi  di RW 05, Kelurahan Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangsel.

Kegiatan ini turut diikuti staf Bimas Islam Kemenag Tangsel, Budi Heryawan, Kepala KUA Kecamatan Pamulang, Khaerudin,

didampingi oleh Lurah Pondok Cabe Udik, Abdul Malik, Bhabinkamtibmas, dan Ketua RW 05 Kelurahan Cabe Udik, Ade Cahyadi.

Kedatangan Pokja KMB dalam rangka mendapatkan data awal terkait sosial kultur, adat budaya, toleransi antar umat beragama, dan kearifan lokal di kelurahan setempat dalam implementasi Moderasi Beragama.

Kampung Moderasi Beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat.

Tujuannya adalah memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang bermoderat berbasis desa atau kampung.

Kepala KUA kecamatan Pamulang, Khaerudin, menjelaskan sampai saat ini proses dan mekanisme seleksi data calon atau kandidat kelurahan masih terus berjalan. Dan ini diawasi langsung oleh Kementerian Agama Tangsel dalam hal ini Seksi Bimas Islam.

“Saat ini saya dan tim Pokja bekerja keras mengolah data-data kelurahan yang ada dan mencari kelurahan yang paling representatif sebagai KMB Kota Tangsel sehingga masyarakat dapat memahami Moderasi Beragama tidak hanya sebagai slogan saja,

namun teraplikasi dalam  kehidupan keberagaman masyarakat Kota Tangsel sehari-hari, yang akan kita mulai nantinya dari KMB,” jelasnya.

Sementara itu, staf Bimas Islam Kemenag Tangsel, Budi Heryawan, mengatakan dalam rangka menyiapkan Kampung Moderasi Beragama, pihaknya melibatkan seluruh stakeholder yang ada di Kota Tangsel.

Tentunya kegiatan pembentukan Kampung Moderasi Beragama tidak saja sekedar serimonial semata, tetapi akan diikuti dengan berbagai kegiatan lain yang berhubungan dengan moderasi.

“Kampung Moderasi Beragama adalah suatu istilah yang menggambarkan suatu daerah atau tempat dalam wilayah tertentu dalam lingkup RT, RW, atau kelurahan/Desa yang masyarakatnya terdiri atas beberapa perbedaan terutama dari aspek kepercayaan,

keyakinan, agama, ras, atau lainnya, dengan penuh kesadaran menerima perbedaan yang ada karena pemahaman terhadap keagamaannya yang moderat dengan sepenuh hati untuk dapat memberikan kemaslahatan diri, lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara  sehingga tercipta kerukunan, toleransi, kerukunan, dan harmonis,” terangnya.

Program Kampung Moderasi ini, sambungnya, akan mencoba menyatukan berbagai perbedaan terutama dalam masalah agama atau kepercayaan untuk saling menghargai dan menjunjung toleransi.

“Nantinya Kampung Moderasi bisa dijadikan sebagai role model bagi seluruh wilayah di Indonesia mengenai indahnya rasa persatuan dalam berbagai perbedaan,” pungkasnya. (din).

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News