back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaDaerahFestival Jaranan Jawa Tampil di Simpang Lima Gumul

Festival Jaranan Jawa Tampil di Simpang Lima Gumul

KABUPATEN KEDIRI, HARIANRAKYAT.ID-Gelar Seni dan Festival Jaranan Jawa, berlangsung di Kawasan Simpang Lima Gumul, Minggu (21/52023) mewarnai kemeriahan rangkaian hari jadi Kabupaten Kediri Jawa Timur yang Ke-1219 tahun.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengajak masyarakat untuk melestarikan dan merawat kebudayaan yang ada di Kediri.  Menurutnya Jaranan Jawa ini harus selalu dirawat dengan baik sebagai warisan seni budaya  yang sangat mahal nilainya.

“Kami yang ada di pemerintah kabupaten berkomitmen untuk terus merawat kebudayaan salah satunya adalah Jaranan Jawa,” ujarnya.  

Lanjutnya, sedikitnya ada tiga kebudayaan yang menjadi paten atau menjadi milik Kabupaten Kediri. Yakni  Jaranan Jawa, Wayang Krucil dan Seni Ritual Tiban. Oleh sebab itu  semua warisan yang dimiliki ini harus dilestarikan dan terus dijaga.

“Mungkin nantinya, acara-acara ini kita adakan di candi-candi atau tempat-tempat wisata kebudayaan yang ada. Jadi supaya nuansa kebudayaan itu tetap terus menggelora di dalam Pemerintahan Kabupaten Kediri,” tambah ia.

Harapannya tahun depan terus berkembang dan semakin berkembang lagi, event-event ini terus dijalankan. Dalam pentas Jaranan Jawa ini diikuti siswa SD sebanyak 20 kelompok, SMP 47  kelompok dan SMA 14 kelompok. (lik).

BalasTeruskan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News