HARIANRAKYAT.ID-KOTA KEDIRI, DPRD Kota Kediri ketok palu persetujuan APBD perubahan 2023. Melalui Rapat Paripurna Penandatanganan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda APBD perubahan tahun anggaran 2023, Jumat (22/9/2023).
Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Kediri mendengarkan pendapat akhir fraksi. Dilanjut berita acara persetujuan bersama Pimpinan DPRD dengan Walikota dan penyerahan berkas Ketua DPRD kepada Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar. Berlangsung di Ruang Rapat DPRD kota Kediri.
Dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD H. Gus Sunoto Imam Mahmudi, memberikan kesempatan kepada fraksi DPRD Kota Kediri yang berjumlah delapan. Mereka menyampaikan kata akhir terhadap Raperda Perubahan APBD Kota Kediri Tahun Anggaran 2023.
“Semua fraksi di DPRD dapat menerima dan menyetujui Rancangan Perubahan APBD tahun anggaran 20023. Selanjutnya untuk memperoleh persetujuan secara mufakat dari semua anggota DPRD. Maka sekali lagi kami tawarkan kepada saudara, apakah Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 20023 ini dapat disetujui?”. Ucap Gus Sunoto.
Juru bicara Fraksi Keadilan Pembangunan Ayub Wahyu menyampaikan, menerima dan menyetujui rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2023 Menjadi peraturan Daerah. Dirinya juga menyingung soal itu yang tengah berkembang belakangan ini.
“Dalam menyikapi isu yang lagi hangat sekarang di Kota Kediri kami mengingatkan kembali terkait dengan isu lingkungan hidup dan sosial, mohon Pak Wali bisa melakukan perbaikan khususnya dilingkungan hidup dan sosial,” ujarnya.
Ini kota yang layak untuk di tempati. Kota yang bersih, kota yang indah, kota yang airnya juga berkualitas. Tanahnya berkualitas, udaranya berkualitas. Akan tetapi kalau dilihat respon pemerintah daerah khususnya di lingkup hidup ini masih kedodoran.
“Kami minta untuk dilakukan reformasi birokrasi Jika kita ingin target-target yang pembangunan Kota Kediri dicapai dengan cepat maka SDM harus diajarkan dan rekrutmen yang jujur dan adil. Harus melakukan pembinaan yang terus menerus kepada mereka sehingga tersedia yang berkapasitas dan juga memiliki efek yang bagus,” pintanya.
Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan, ucapkan terima kasih pada seluruh fraksi yang telah menyampaikan aspirasi rekomendasi dan evaluasi kepada pemerintah Kota Kediri.
“Hal ini akan kami tindak lanjuti bersama sama untuk proses penyusunan anggaran selanjutnya agar ke depan kualitas pengelolaan keuangan Pemkot Kediri juga semakin baik,” ucapnya.
Kerja sama yang baik antara legislatif dan tim anggaran Pemkot Kediri. Sehingga dapat menyelesaikan tugas pembahasan Raperda. Tentang perubahan APBD Tahun Anggaran 20023. (lik).