back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaDinas Perhubungan Tangsel Seleksi Pelajar Pelopor Keselamatan Tingkat SMA-SMK

Dinas Perhubungan Tangsel Seleksi Pelajar Pelopor Keselamatan Tingkat SMA-SMK

Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat SMA/SMK Kota Tangerang Selatan yang diikuti 40 peserta. Berlangsung, Rabu (31/5/2023) di salah satu hotel bilangan Serpong Utara. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan Drs. H. Chaerudin, M.Si menyampaikan 

dalam rangka mendukung dekade aksi keselamatan jalan sedunia (Road Safety Decade For Action). Serta dalam rangka peningkatan kesadaran masyarakat akan keselamatan khususnya bagi generasi muda keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Indonesia.

“Sebagaimana yang dimaksud dalam Undang Undang No 22 tahun 2009 pasal 1 Ayat 32 adalah “Satu keadaan dimana terhindarnya setiap orang dari resiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan atau lingkungan,” ujarnya saat membuka Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat SMA SMK Kota Tangerang Selatan.

Oleh sebab itu Dinas Perhubungan melakukan kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan pada tingkat SMA/SMK Kota Tangerang Selatan. Yang akan dilanjutkan ketingkat Provinsi Banten, dengan tema “Safety Transport For Indonesians Future” 

“Maka kesadaran keselamatan berlalu lintas diharapkan dapat mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas. Karena  banyak faktor yang menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas dalam satu daerah, diantaranya manusia,” bebernya di dampingi Kepala Seksi Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan, Galang Andika.

Sambung ia, manusia juga  sebagai faktor, dalam rangka mewujudkan keselamatan lalu lintas. Dengan tingginya kesadaran untuk menggunakan perlengkapan keamanan kendaraan serta mematuhi peraturan lalu lintas dan angkutan jalan.

“Maka resiko yang ditumbuhkan ketika terjadi kecelakaan lalu lintas, disebabkan faktor lalu lintas dan jalan dapat dikurangi,” jelasnya.

Berdasarkan hal di atas, pelajar pelopor ini kemudian diharapkan dapat mendukung Dinas Perhubungan serta  instansi terkait dalam mengkampanyekan keselamatan lalu lintas.

Salah satu wujudnya bakal dilakukan pelopor pelajar dengan mengadakan satu kegiatan di daerah masing-masing khususnya di Tangerang Selatan sebagai salah salah satu wakil dari pelajar.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan lalu lintas. Dan angkutan jalan di kalangan pelajar dalam rangka pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.  Serta untuk menanamkan dan menjaga kesadaran generasi muda melalui pelajar sebagai pelopor berkendara,” imbuhnya. 

Dengan demikian keselamatan lalu lintas adalah kepentingan  bersama. Maka dengan itu  diharapkan generasi muda khususnya di Kota Tangerang Selatan dapat menguatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sebagai pelopor keselamatan lalu lintas.

Hal yang sama  disampaikan Kabid Pembinaan Keselamatan, Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan,   H. Saidun, SE, M.Si menyampaikan dengan dilaksanakannya Kegiatan Pembinaan Pelajar Pelopor Keselamatan DLLAJ, harapan kedepan  para pelajar khususnya  SMA/SMK dapat memahami bagai mana menjaga keselamatan dan tertib berlalu lintas dalam berkendara.

“Dan juga untuk di tingkat SLTP kami sudah melakukan sosialisasi terkait Pelajar Pelopor Keselamatan sekaligus kami hadirkan Para pendamping-pendampingnya baik itu wali murid dan ataupun para guru-gurunya,” ujarnya.

Lanjutnya, supaya  dapat membantu Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan, terus mengumandangkan kepada para anak didiknya agar dapat mematuhi aturan-aturan berlalu lintas agar terjaga Keselamatannya.

“Semoga ke depan kami bisa melaksanakan untuk tingkat Mahasiswa/i yang ada di kampus-kampus Kota Tangerang selatan dan bisa menjadikan Pelopor atau contoh yang baik untuk para pelajar. Juga kepada masyarakat umumnya yang belum banyak memahami berlalu lintas dengan baik dan benar,” tambahnya. (adv).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News