back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaNasionalDigital Hub BSD City Bersama KUMPUL.ID Gelar DNA Accelerate 

Digital Hub BSD City Bersama KUMPUL.ID Gelar DNA Accelerate 

HARIANRAKYAT.ID, BSD City – Kawasan Digital Hub BSD City yang dikembangkan Sinar Mas Land dikenal baik sebagai rumah bagi sejumlah perusahaan hingga unicorn di bidang teknologi digital. Lebih dari tempat dan infrastruktur, Digital Hub juga secara konsisten melakukan kampanye Digital Hub Next Action (DNA).

Perusahaan juga berkomitmen untuk terus menjadi wadah bagi pertumbuhan perusahaan startup digital potensial di Indonesia. 

Kali ini, Sinar Mas Land bekerja sama dengan KUMPUL.ID untuk menyelenggarakan DNA Accelerate. Ratusan startup yang telah mendaftar di acara ini, nantinya akan diseleksi menjadi 10 startup pilihan. 

Para finalis akan dipertemukan oleh empat perusahaan pendanaan ventura dan lebih dari empat puluh ahli dari perusahaan rekanan di skala global. 

Selain itu, Monash University juga akan mengisi sesi mentoring yang akan membawakan topik mengenai growth strategy, business development, dan operations & scalability pada acara DNA Accelerate. 

Kick-off DNA Accelerate diselenggarakan pada hari ini (1/8/203) di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City. Acara tersebut dibuka dengan kata sambutan dari CEO Digital Technology Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap dan Direktur Aplikasi Informatika – Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan.

Rangkaian acara diisi dengan sesi diskusi panel bertajuk “Humanizing Technology: How Technology Shapes Society” yang disampaikan oleh Chief Business & Ecosystem Kumpul, Amalia Aini, Co-Founder & CTO Jojonomic, Abdul Qifli, Co-Founder AwanTunai, Rama Notowidigdo dan  Co-Founder & CMO Pasarnow, Cindy Ozzie.

Direktur Aptika – Kekominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan, saat ini, Indonesia telah menjadi tempat bagi perkembangan perusahaan rintisan yang bergerak di berbagai bidang. 

“Oleh karena itu, pemerintah melalui Kominfo terus berupaya untuk mendukung pertumbuhan startup potensial nasional dengan mengembangkan ekosistem digital mulai dari merumuskan regulasi yang mampu beradaptasi dengan pertumbuhan industri digital, pengembangan infrastruktur teknologi, hingga pelatihan bagi tenaga kerja di bidang digital,” ujarnya.

Pada hari ini, dirinya sangat mengapresiasi langkah Sinar Mas Land bersama KUMPUL.ID yang sudah menyelenggarakan acara DNA Accelerate. 

“Semoga dengan dukungan dari seluruh pihak ditambah dengan semangat kewirausahaan digital serta inovasi dari para startup ini dapat mewujudkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” imbuhnya.

CEO Digital Tech Ecosystem & Development – Sinar Mas Land, Irawan Harahap menjelaskan, DNA Accelerate merupakan wadah yang dibuat untuk mempertemukan komunitas startup dengan perusahaan ternama yang berada di dalam ekosistem digital Sinar Mas Land untuk belajar maupun menerima pendanaan. 

“Kami harap startup potensial yang masuk ke shortlist DNA Accelerate bisa menyerap banyak pembelajaran dari acara ini, sehingga bersama kita bisa memajukan ekonomi digital Indonesia secara signifikan,” bebernya. 

Program DNA Accelerate membantu akselerasi seed-level startup yang memiliki anggota yang kompeten, pengamatan tepat, dan model bisnis yang teruji. Di dalamnya, terdapat pendampingan melalui kegiatan workshop dengan beberapa topik pembicaraan seperti Founder’s Lab, Product & Market, People & Culture, Value Creation & Revenue, Financial & Cashflow, dan Fundraising. 

Dalam proses seleksi awal, para juri akan menilai dengan beberapa kriteria penilaian meliputi (1) Problem & Solution, (2) Business Model, dan (3) SCRIN Score. Lalu, di tahap final peserta akan diuji berdasarkan kemampuan untuk menghasilkan (4) Growth & Revenue, (5) Product Scalability, dan (6) Potential to Invest.  

Program DNA Accelerate telah dimulai sejak pertengahan bulan Juni 2023 lalu melalui kegiatan pengumpulan proposal startup, webinar, dan info session. Untuk tahap penjurian, dilakukan selama bulan Juli yang menyeleksi ratusan pendaftar menjadi 10 finalis dan diumumkan pada saat kick-off sekaligus onboarding hari ini. 

Kemudian, para finalis terpilih juga akan mendapatkan sesi mentoring dengan 3 topik berbeda dimulai dari bulan Agustus hingga penjurian akhir atau demoday yang akan dilaksanakan pada 29 September mendatang. (din).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News