back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaDaerahBegini Cikal Bakal Kabupaten Kediri yang berusia 1219

Begini Cikal Bakal Kabupaten Kediri yang berusia 1219

KABUPATEN KEDIRI -Kabupaten Kediri tengah memeringati hari jadinya yang ke 1219, lahir pada 25 Maret 804 Masehi, atas jasa Bagawanta Bahari membendung Sungai Harinjing yang memberikan manfaat wilayah  Kediri gemah ripah loh jinawi.

Bagawanta menerima hadiah dari Raja Rakai Dyah Tulodhong, tertulis pada prasasti Harinjing. Kini masyarakat tengah merayakannya, sebagai wujud syukur dan terima kasih berdiri lebih dari seribu tahun.

Tadi siang prosesi Secuci Setirta memiliki makna menggabungkan tujuh air dari tujuh sumber mata air, dengan harapan  membuka pintu pertolongan bagi warga di Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana setelah apel internal di halaman Kantor Pemerintahan Kabupeten Kediri, dilanjutkan prosesi Secuci Setirta, 25 Maret 2023, menggabungkan tujuh air dari tujuh sumber mata air, yang mengandung makan, harapan, dapat  membuka pintu pertolongan bagi warga di Kabupaten Kediri.

“Ada beberapa penekanan-penekanan salah satunya adalah kita akan lakukan pembentukan time lintas sektoral, jadi mengingat tema hari jadi Kabupaten Kediri Sahitya Adikara Budaya (sinergi membangun Kediri berbudaya),” ujar Mas Dhito sapaan akrabnya, setelah apel di halaman Kantor Pemerintahan Kabupeten Kediri.

Sambungnya, budaya tidak hanya diartikulasikan dalam sebuah budaya kesenian atau sejarah, tapi bagaimana budaya rembug, budaya toleransi, budaya disiplin, budaya kerja, budaya berdiskusi dan sebagainya. Seusai apel dilangsungkan prosesi Harijadi Kabupaten di Pendopo Panjalu Jayati.

“Ada kurang lebih 20 lebih penerimaan manfaat, 3 perwakilan  disabilitas menerima bantuan dari pemerintah kabupaten. Dan sore ini dengan semangat Sahitya Adikara Budaya kita akan bersama-sama melaunching tagline Kabupaten Kediri yang baru nanti,” tambah ia.

Harapannya dengan melaunching tagline ini segera, semua kepala OPD bisa  bergerak bersama, bersinergi dan bisa membuat branding Kediri dengan lebih baik lagi, mengingat bandara akan segera beroperasi.

“Saya mengajak untuk melambungkan harapan doa untuk Kabupaten Kediri terlebih memasuki bulan Ramadhan. Saya harap doa kita jenengan diijabahi. Mari kita bangun kediri bersama-sama,” doanya.

Turut Hadir dalam rangkaian acara ini, Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho, Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Candra, Kajari Candra Eka Yustisia, Ketua DPRD Dodi Purwanto dan Dandim 0809 Letkol Inf. Aris Setiawan dan tamu undangan. (lik).

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News