back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaBantenBegini Aksi DLH Kota Tangsel Bina Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

Begini Aksi DLH Kota Tangsel Bina Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

PAMULANG-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan melakukan pembinaan dalam persiapan Penilaian Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri tahun 2022. Salah satu calon sekolah adiwiyata nasional yang dibina yaitu SDK Mater Dei yang berlokasi di Witanaharja Pamulang.

Kasie Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, DLH Kota Tangsel Deniwati menyampaikan sejak bulan Juni 2022, telah melakukan pembinaan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya DLH dalam pengembangan kualitas dokumen yang dibutuhkan untuk kelengkapan penilaian sekolah adiwiyata tingkat nasional.

“Selain pembinaan juga dilakukan pendampingan.  Ini bekerja sama dengan tim pembina kota-provinsi agar standar yang harus dipenuhi bisa dimaksimalkan,” ujarnya.

Lanjut ia, pembinaan ini nantinya akan bersifat berkelanjutan sampai akhirnya sekolah mencapai tingkat mandiri. SDK Mater Dei sendiri merupakan sekolah yang sudah memulai menjadi sekolah adiwiyata kota sejak tahun 2019. Kemudian berlanjut menjadi sekolah adiwiyata provinsi di tahun 2020.

“Meski dalam kondisi pandemi, sekolah tetap berkomitmen terhadap pelaksanaan dan penyelenggaraan Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Hal ini dapat ditunjukan dengan semangat keikutsertaannya dalam penilaian nasional di tahun 2022,” tambah ia.

Tentunya tak terlepas dari  kekompakan dan kerjasama seluruh stakeholder mulai dari kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, murid dan seluruh warga sekolah, serta masyarakat. Semuanya terlibat dalam upaya GPBLHS atau penyelenggaraan Sekolah Adiwiyata ini.

“Komitmen dan kepedulian sekolah terhadap lingkungan hidup mendorong DLH sebagai sektor utama pendukung tercapainya penghargaan sekolah adiwiyata di seluruh jenjang. Baik kota-provinsi-nasional maupun mandiri, untuk terus bekerja keras memfasilitasi sekolah dalam pemenuhan seluruh kriteria penghargaan sekolah adiwiyata,” tandasnya.

Tentu harapan besar dengan  semangat dan kepedulian SDK Mater Dei terhadap kelestarian lingkungan. “Menjadi sentilan bagi sekolah-sekolah lain di seluruh Tangerang Selatan untuk turut serta dalam GPBLHS dan meraih penghargaan sekolah adiwiyata tingkat kota, provinsi, nasional, maupun mandiri,”pesan ia.

Kepala SDK Mater Dei Suster Amadin menambahkan, tujuan adiwiyata merupakan upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. Sehingga lingkungan kegiatan belajar dan mengajar menjadi nyaman. Tentunya untuk mewujudkan sekolah adiwiyata perlu dukungan seluruh elemen, baik lingkungan sekolah juga lingkungan sekitar. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News