HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
HARIANRAKYAT.ID Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
BerandaPolitikBawaslu Kota Tasikmalaya Ajak Ibu-Ibu Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024

Bawaslu Kota Tasikmalaya Ajak Ibu-Ibu Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024

TASIKMALAYA – Bawaslu Kota Tasikmalaya menggulirkan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Perempuan bertajuk “Peran Perempuan Dalam Demokrasi Mengawal dan Menjaga Kualitas Pemilu 2024”. Berlangsung di Hotel Fave Tasikmalaya Selasa (6/09/2022).

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin menyampaikan Pemilu 2024 telah memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik calon peserta Pemilu. Hal ini diperlukan peranserta dan partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan kepada Bawaslu.

“Tujuanya dalam mengawasi setiap tahapannya. Termasuk ibu-ibu yang hadir juga harus mengecek dan memastikan namanya tidak tercantum di Sipol. Seandainya ibu-ibu bukan anggota Parpol,” ujarnya di damping para jajaran Bawaslu Kota Tasikmalaya.

Sementara itu, Tokoh Pemberdayaan Perempuan Indonesia sekaligus Komisaris Utama PT.  Soekapoera Khatulistiwa Nusantara (Sokhatara), Fiona Callaghan. Selain menjadi narasumber, menandatangani MoU dengan Bawaslu Kota Tasikmalaya dalam pengawasan partisipatif Pemilu serentak 2024, pada kesempatan ini menyampaikan pentingnya partisipasi perempuan dalam membangun demokrasi di Indonesia.

“Perempuan dengan sejumlah aktifitasnya memberikan kontribusi besar terhadap tatanan kebangsaan kita,” tambahnya.

Kordinator Divisi SDM Bawaslu Kota Tasikmalaya, Ujang Ishak Solih menyampaikan informasi bahwa dalam waktu dekat akan segera dibuka seleksi untuk rekrutmen Pengawas tingkat kecamatan (Panwaslu Kecamatan). Demikian disampaikan Kordinator Divisi Hukum dan Datin Rino Sundawa Putra bahwa dasar hukum pemilu dan pemilihan serentak 2024, serta membuka layanan konsultasi hukum berkaitan dengan kepemiluan.

Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Enceng Fuad Sukron, menguraikan ada jenis-jenis pelanggaran dalam pemilu. Bawaslu akan menindaklanjuti laporan dari masyarakat terhadap dugaan pelanggaran ketika syarat formil dan materilnya terpenuhi.

Diakhir sesi, Kordinator Divisi  Penyelesaian Sengketa Wandi Ganda Prahara memaparkan berkaitan tentang mekanisme penyelesaian sengketa baik proses maupun hasil Pemilu. (red).

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News