back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaTradisi Idul Adha, PT Indah Kiat Tangerang Berbagi Kebahagiaan Melalui Penyaluran Hewan...

Tradisi Idul Adha, PT Indah Kiat Tangerang Berbagi Kebahagiaan Melalui Penyaluran Hewan Kurban

HARIANRAKYAT.ID, KOTA TANGSEL- Sudah menjadi tradisi, setiap Lebaran Besar atau Lebaran Idul Adha, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Tangerang Mill (APP Group) menyalurkan puluhan hewan kurban. Diserahkan kepada masyarakat sekitar berikut ke beberapa instansi, Sabtu (15/6/2024).

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin disela penyaluran hewan kurban mengatakan total yang disalurkan ada delapan ekor sapi dan 15 ekor kambing. Dengan berat sapi bervariatif, kendati demikian rentang berat berkisar 10-15 kilogram dengan bobot yang paling berat dan rendah.

“Sapi yang paling berat dengan bobot 496 kilogram, sebanyak empat ekor, sedangkan bobot sapi 490 kilogram sebanyak dua ekor. Sementara itu sapi dua ekor lainnya dengan bobot 465 kilogram. Untuk bobot kambing mencapai 45 kilogram per ekornya,” ujar Kholisul.

Sapi-sapi yang sudah disertakan nomor dibawa oleh masing-masing RW yang ada di wilayah sekitar PT Indah Kiat Tangerang. Serta beberapa instansi lainnya di antaranya Polres Kota Tangsel dan Kodim 0506/Tangerang.

“Seperti biasa, sebelum diserahkan kami lakukan semacam pengundian nomor, sehingga jauh lebih adil mengingat antara sapi satu dengan yang lain ada selisih bobotnya. Namun kami sudah memilih jenis sapi Limosin atau sapi jenis super yang kami serahkan setiap tahun,” tambah ia.

Termasuk sudah dijamin kesehatannya, baik untuk sapi maupun kambing, semuanya telah melewati pemeriksaan kesehatan selama masa penggemukan di kandang. Sapi-sapi yang disalurkan oleh PT Indah Kiat Tangerang diperoleh bukan sembarang tempat, seperti di lapak-lapak pinggir jalan. Tapi diambil dari tempat penggemukan secara khusus. Bahkan untuk memperoleh hewan kurban dengan jenis terbaik ini sejak dua bulan lalu telah melakukan proses pemilihan secara teliti.

“Prosesnya sudah dua bulan lalu, jadi setelah Idul Fitri kami sudah mencari yang terbaik. Dan hewan kurban ini, baik sapi maupun kambing dari tempat sentra penggemukan telah bekerjasama dengan tim kesehatan sehingga selalu dicek, bebas indikasi penyakit menular maupun penyakit lainnya. Jadi aman,” tambah ia.

Lanjut Petinggi PT Indah Kiat Tangerang ini, dengan penyaluran hewan kurban, setidaknya dapat membantu warga sekitar perusahaan merasakan daging kurban di hari Raya Idul Adha. Melalui kegiatan CSR dengan penyaluran hewan kurban bertajuk “Berawal Dari Kebaikan, Menghasilkan Kebaikan,” akan selaras dengan rasa gembira dalam merayakan Idul Adha.

“Mudah-mudahan hewan kurban ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar pabrik serta dalam merayakan hari Raya Idul Adha dilalui dengan rasya sukur atas nikmat yang dilimpahkan oleh Allah SWT serta senantiasa kegembiraan menghampiri dalam hati yang damai,” doanya.

Sederet penerima hewan kurban, terdiri dari RW 01, 02, 03 dan 04 Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara serta Kelurahan Pondok Jagung. Termasuk RW 03 Pakulonan Barat, yang berbatasan langsung dengan wilayah Tangsel dengan Kabupaten Tangerang. Instansi lainnya, Polres Tangsel serta Kodim 0506/Tangerang.

Ketua RW 02 Kelurahan Pakulonan Nurdin mewakili para RW yang lain, menyampaikan banyak terima kasih atas perhatian dan kepedulian terhadap warga di wilayah RW 02. Di mana setiap tahun selalu menyalurkan hewan kurban untuk wilayah sekitar. Sehingga masyarakat tidak pernah lupa jika datang Idul Adha, PT Indah Kiat Tangerang selalu menyalurkan hewan kurban. Dengan kata lain, perusahaan produksi kertas ini, menaruh perhatian cukup besar bagi warga sekitar.

“Kami mengucapkan terima kasih pada Indah kIat yang selama ini, setiap tahun memberikan hewan kurban. Semoga bisa menjadi berkah dan tahun depan terus meningkatkan eksistensi serta lebih sukses lagi bagi Indah Kiat,” tuturnya diaminkan RW yang lain.

Hal senada diutarakan perwakilan Polres Tangsel AKP Agus, bahwa jajaran Polres Tangsel menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Indah Kiat yang setiap tahun peduli kurban. Dirinya mendoakan semoga kedepan dapat berjalan lebih baik lagi, serta kesuksesan menyertai jajaran manajemen Indah Kiat Tangerang. (din).

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News