back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari PAHLAWAN "Teladani Pahlawanmu Cintai Negerimu
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat memperingati hari PAHLAWAN "Teladani Pahlawanmu Cintai Negerimu
BerandaTangerang RayaTingkatkan Pelayanan, BPN Tangsel Tambah Fasilitas Publik

Tingkatkan Pelayanan, BPN Tangsel Tambah Fasilitas Publik

TANGSEL- Kantor Pertanahan/BPN Kota Tangsel terus melakukan inovasi untuk menunjang pelayanannya. Yakni dengan menambah berbagai fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan bagi para pemohon.

Kepala Kantor Pertanahan/BPN Tangsel, Harison Mocodompis menyampaikan dalam menunjang pelayanan sarana dan prasarana tidak boleh dikesampingkan. Justru sangat menentukan nyaman dan tidaknya fasilitas yang disediakan. Maka melihat variable itu maka, secara bertahap dilakukan pembenahan di sana sini.

“Karena memikirkan kebutuhan pemohon, ya kita melakukan riset kecil-kecilan. Ternyata menjadi pemohon yang menunggu itu membosankan. Jadi kita lakukan inovasi dengan menambah fasilitas publik di penataan ruang,” ujar Harison Mocodompis Selasa (23/08/2022).

Adapun beberapa fasilitas diantaranya, Pojok Zona Integritas yang jadi satu dengan Costumer Service dan Pengelolaan Pengaduan, Ruang ASI, Ruang bermain anak bagi pemohon yang membawa balita, Reading Corner atau pojok baca yang dilengkapi beragam buku bacaan. Ruangan didesain dengan dekorasi antara perpaduan kayu berbalut HPL. Tempat duduk serta meja sangat serasi dengan desain yang futuristik.          

“Bagi yang suka baca, warga yang menunggu bisa menikmati berbagai buku bacaan yang disediakan,” tambah ia.  

Lalu Community Empowerment Corner untuk memasarkan produk UKM asal Tangsel, klinik bagi pemohon ataupun karyawan yang mengalami keluhan kesehatan saat bekerja dan terakhir Sultan Cafe, dimana pemohon bisa menikmati minuman dan makanan sambil menunggu antrian. Menurutnya cuma di Tangsel, arena pelayanan digabungkan dengan cafe. Di mana-mana biasanya cafe dipisah dengan ruang pelayanan.

“Jadi kita buat pemohon senyaman mungkin. Bukan hanya fasilitas publik di penataan ruangan saja yang kita tambah, tapi layanan pengaduan melalui website hingga e-ticket untuk antrian secara online. Saya tunjuk perwira untuk meninjau staff yang bertugas dalam pelayanan,” ungkapnya.

Semua metode tadi, menurut Harison, untuk membuat saluran pelayanan menjadi lebih mudah. Dengan sistem ini, semua masyarakat kuasa PPAT atau lainnya mempunyai kesempatan yang sama untuk menerima layanan di BPN.

“Dengan kuota antrian 120/hari. Jadi tidak ada penyerahan produk secara diam-diam mengingat BPN Tangsel telah mendapat predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” lanjutnya.

Selain itu, BPN Tangsel juga memiliki kemudahan dalam permohonan lain, yakni membuka kantor pada Sabtu-Minggu hingga jam 12.00 untuk pemohon langsung atau bukan kuasa dengan semua jenis layanan.

“Hal ini lantaran kesibukan para pekerja di hari biasa, jadi kita permudah semua jenis layanan di saat weekend. Ditambah dengan hadirnya loket BPN Tangsel di Mal Pelayanan Publik (MPP) pada saat weekday pukul 08.00 hingga 12.00 siang,” tutupnya. (sin). 

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
- Advertisement -
Related News