back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaRW Mantap Upaya Pemenuhan Ketahanan Pangan di Kota Tangsel

RW Mantap Upaya Pemenuhan Ketahanan Pangan di Kota Tangsel

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel tengah mengembangkan RW Mantap atau Mandiri dan Tahan  Pangan, di 54 kelurahan. RW Mantap ini dalam upaya pemenuhan ketahanan pangan di wilayah perkotaan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel Yepi Suherman tahun 2023 ini di tingkat kelurahan telah dianggarkan melalui program pemberdayaan masyarakat, oleh sebab itu pihaknya telah mengeluarkan surat edaran untuk mengajukan kepada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan.

“Kami pada tahun ini menargetkan program RW Mantap, yang mana anggarannya ada di wilayah masing-masing, dan RW Mantap ini salah satu program dari pemberdayaan masyarakat yang ada di masing-masing wilayah. Hingga saat ini baru ada 22 RW yang telah melaporkan kepada kami,” ujarnya.

Setelah mendapatkan data di wilayah, pihaknya bakal melakukan  pengecekan calon petani dan calon lokasi (CPCL), untuk melihat konsepnya seperti apa yang sesuai dengan masyarakat setempat, baik itu budidaya ikan lele, atau menanam sayur dan lain sebagainya. Pada dasarnya Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan mengikuti konsep yang sudah ada.

“Kami fleksibel sesuai konsep yang sudah ada, baru nanti melakukan pendampingan, bagaimana cara menanam, merawat dan lain-lain sampai panen perdana,” sambungnya.

Mengapa perlu dilakukan pendampingan secara berkelanjutan, supaya hasil panen dapat disisihkan kembali untuk membeli benih, dan biaya lainnya. Agar modal dapat berputar, dan produktivitas berjalan lancar. Penyuluh pertanian di wilayah, akan terus memonitor aktivitas mereka,  dengan harapan hasil panen optimal.

“Modal yang dapat disisihkan, untuk menanam, benih dan ikan serta seterusnya, supaya mereka tidak sesaat, tapi dapat berkelanjutan mengembangkan usaha kembali, maka sambil berjalan kita akan melakukan evaluasi,” tambah ia.

Targetnya RW Mantap dapat merambah di semua RW seluruh Tangsel 54 kelurahan yang diperkirakan 600 an lebih RW. Lalu bagaimana hasil panen ini akan dipasarkan. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan sudah memiliki rancangan, yaitu bakal membuat sentra di masing-masing wilayah dengan komoditas berbeda-beda sesuai dengan hasil panen para petani yang lebih dominan.

“Misalnya Kecamatan Pamulang setra bunga dan kecamatan lain sentra sayur mayur hidroponik dan seterusnya. Selanjutnya akan dibentuk pasar lebih luas, sambil memastikan pasokan dalam satu hari berapa ton sehingga suplai ke pasar jumlah produksinya jelas dan pasti,” tutupnya. (adv).

BalasTeruskan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News