back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaPerkuat Ketahanan Pangan, 21 Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan Tangsel Dilantik

Perkuat Ketahanan Pangan, 21 Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan Tangsel Dilantik

KOTA TANGSEL-Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel melantik 21 Kontak Tani Nelayan Andalan, (KTNA) perwakilan dari 7 kecamatan. Dengan total keseluruhan masing-masing kecamatan 10 orang, di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT), Tandon Ciater Serpong, Senin 30 Januari 2023.

Pelantikan dilakukan oleh Sekjen KTNA periode sebelumnya  Muhammad Awaludin dan pengukuhan dilakukan Kepala DKP3 Tangsel, Yepi Suherman, disaksikan oleh jajaran pejabat di lingkungan DKP3 Tangsel yang saat ini telah menetap kantor di KPT dari sebelumnya bersebelahan di kantor BPN Tangsel.

Sekjen KTNA periode sebelumnya  Muhammad Awaludin menjelaskan sedikitnya secara simbolis 21 orang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara telah resmi dilantik sebagai KTNA periode 2023-2028.  Selama lima tahun mereka diberikan amanah untuk mengawal di masing-masing wilayah. “Totalnya satu kecamatan ada 10 orang. Maka secara keseluruhan ada 70 orang pengurus. Hanya saja saat pelantikan perwakilan saja,” ujarnya.

Dirinya bersama Ketua KTNA sebelumnya Ir H Fahmi, keberadaan KTNA yang tersebar di seluruh kecamatan mampu berkomunikasi dengan apik antara kelompok tani yang ada di wilayah. Tujuannya agar setiap program dapat berjalan dengan baik. Termasuk bagaimana mengembangkan budidaya ikan atau pengembangbiakan tanaman baik tanaman sayur mayur atau tanaman hias.  

“Tugas dari KTN adalah mitra dengan membangun komunikasi dengan petani-petani. KTNA memiliki kelompok-kelompok tani dengan memberikan penyuluhan kepada mereka, serta membina kelompok tani sehingga bisa maju. Baik pertanian dan perikanan serta budidaya ulat sutera dan ulat jerman,” tambah ia.

Termasuk tidak kalah pentingnya adalah mengawal Musrenbang,  agar dana terserap dalam kelompok tani. Dirinya berharap kepada yang baru dilantik bisa mengoptimalkan apa yang belum digarap periode sebelumnya. Seperti pembentukan koperasi, sosialisasi kepada masyarakat serta mengadakan event-event, karena sebelumnya terhambat pandemic Covid-19.

“Sosialisasi KTNA untuk eksistensi perlu dimaksimalkan di tingkat kelurahan, sehingga saat musrenbang dapat lebih diperhatikan lagi. Untuk bidang pertanian saat ini sudah baik sekali, seperti tanaman hias, anggrek, hidroponik, dan daerah Pondok Cabe Udik ada ulat jerman, serta di Setu ada edukasi pertanian, dan Serpong Utara ada ikan hias. Hanya saja event-even pertanian disebabkan akibat pandemi,” tambah ia.

Kepala DKP3 Kota Tangsel, Yepi Suherman dihadapan KTNA memberikan semangat agar tetap optimis meski secara usia para ketua rata-rata sudah senior. Artinya mereka secara pengalaman lebih mumpuni dan bisa mengayomi keberadaan kelompok tani yang ada di wilayah.  Berharap pengurus kecamatan ini yang baru saja dilantik bisa bekerjasama dengan pihak DKP3 dan beberapa dinas terkait untuk bekerjasama, dalam memajukan pertanian dan kesejahteraan dalam mewujudkan kemandirian pangan.

“Kami juga berharap setiap kecamatan memiliki produk unggulan, khususnya untuk ketahanan pangan, yang mana 98 persen kita dipasok dari luar Tangsel. Kedepan ada kemandirian pangan. Contoh wilayah Kecamatan Setu, dengan Cisadane misalnya produk unggulan perikanan. Sedangkan Pamulang produk unggulannya seperti tanaman hias dan SDM. Demikian dengan kecamatan-kecamatan lainnya,” pesannya. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News