back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaPeringati Hari Toleransi Internasional, FKUB Tangsel Gelar Dialog

Peringati Hari Toleransi Internasional, FKUB Tangsel Gelar Dialog

KOTA TANGSEL-Dialog Kerukunan, dalam rangka memperingati Hari Toleransi Internasional yang diperingati setiap 16 November sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Tangerang Selatan Ke-14, dengan tajuk “Memperkuat Toleransi Dalam Kebhinekaan NKRI”. Berlangsung pada, Senin 28 November 2022 di Aula FKUB Kota Tangsel, Jalan Siliwangi, Pamulang Kota Tangsel.

Turut hadir sebagai narasumber Ketua FKUB Tangsel H. Fachruddin Zuhri,  Wakil Ketua I FKUB Dr. H. Syamsuddin Dasan, Instruktur Nasional Toleransi Beragama Kemenag RI, Dr. Paulus Tasik Galle, Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Studi Agama Agama (SAA) Fakultas Ushuludin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Nor Mahmudi dan Pengurus Harian FKUB Representasi Umat Kristen Tangsel, bertindak sebagai Moderator, Pdt. Dr. Thomas Kartomo.            

Ketua FKUB Tangsel Fachruddin Zuhri mengatakan bahwa, sebagai mantan aktivis kampus semasa kuliah dulu, ada kerinduan dengan suasana kehidupan  aktivis. Pada sisi lain dirinya mengatakan proses regenerasi betapa pentingnya menyadari bahwa, bangsa ini besar dan dikagumi dunia internasional.

Bersama-Foto bersama usai menggelar dialog kerukunan. Baik narasumber serta para peserta dan pengurus harian FKUB Kota Tangsel.

“Karena sekalipun kita begitu banyak perbedaan, tetapi mampu bersatu padu dari dasar Pancasila berbingkai Bhinneka Tunggal Ika. Kesadaran akan hal itu, harus terus kita ikhtiarkan bersama. Hanya dengan cara itu kita dapat mengatakan NKRI Harga Mati secara konkrit, tak sebatas narasi pemanis diskusi,” ujarnya.

Tentu pada momentum yang sangat langka ini, pengurus harian FKUB berbangga hati, dapat memberikan kesempatan kepada pakar di bidangnya masing-masing. Pakar perbandingan Agama Dr. H. Syamsuddin dan Dr. Paulus pakar komunikasi Katolik Islam, serta Dr. Thomas Kartomo pakar Kristen. Dan Didi bersama kawan-kawan mahasiswa dalam diskusi ini.

Sedikitnya ada 35 mahasiswa semester I, III, V, dan VII, Studi Agama Agama bersama dengan Pengurus Harian dan Staf FKUB. Sehingga  total peserta 55 orang.

Pembawa acara dipandu oleh Nibrasul Ummah. Dan  lagu Indonesia Raya dipandu oleh  Adilla Wahyuni selaku  dirigen. Ketua Panitia Hasina Fikriyah Alifah. Ketiganya Mahasiswi Studi Agama Agama, sementara pemimpin doa pembuka Ustadz HM.  Taslim Pengurus Harian FKUB.

Depan kika: Ketua FKUB Fachruddin Zuhri, Ketua HMPS. Studi Agama Agama Fakultas Ushuludin UIN Jkt, Wakili Ketua I FKUB Dr. H. Syamsuddin Dasan MA, Instruktur Nasional Toleransi Beragama PKUB. Kemenag. RI. Dr. Paulus Tasik Galle’, SS., LIC., dan PH. FKUB Representasi Umat Kristen Dr. Pdt. Thomas Kartomo M.Th.

Ketua Panitia Alifah menyampaikan, atas nama Ketua HMPS SAA dan seluruh aktivis HMPS, mengucapkan terimakasih dan rasa bangga yang luar biasa. Telah diberikan kesempatan menyelenggarakan dialog kerukunan di FKUB.  

“Apalagi ketua kami Nor Mahmudi alias Didi disandingkan dengan para kelas nasional bahkan internasional seperti bapak Dr. Paulus Tasik Galle. Tentu ini melampaui ekspektasi kami sebelumnya. Seiring dengan itu kami mohon maaf yang tulus dari Pimpinan FKUB dan Bapak/Ibu keluarga besar FKUB, manakala dalam kegiatan ini masih banyak  kekurangan,” tutupnya. (red).

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News