back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaDaerahMelihat Ruwatan Wayang Mbah Gandrung hingga Pemandian  Pusaka Grebeg Suro di Kota...

Melihat Ruwatan Wayang Mbah Gandrung hingga Pemandian  Pusaka Grebeg Suro di Kota Kediri 

HARIANRAKYAT.ID-KOTA KEDIRI, Komunitas Garuda Muka, pimpinan RSI Tunggul Pamenang, menggelar Grebeg Suro 2023, berlangsung Rabu (19/7/2023) di Jalan Erlangga No 22 Kota Kediri, Jawa Timur.

Komunitas Garuda Mukha mengadakan beberapa rangkaian acara mulai dari Doa bersama, Jamasan Pusaka, Ruwatan Wayang Mbah Gandrung hingga gelar seni budaya. Berlangsung sejak Selasa 18 Juli 2023 pukul 00.00 wib hingga Rabu 19 Juli 2023, pukul 11.00 wib.

Ketua Pelaksana Gali Eko Saputra

menuturkan acaranya telah berlangsung sejak kemarin. Berbagai rangkaian telah dilakukan mulai dari Jamasan Pusaka.

“Sebelumnya itu kita doa bersama tanggal 18 pukul 12 malam untuk masyarakat Kediri, kejayaan kemakmuran dan kebangkitan NKRI khususnya untuk budaya,” ujarnya.

Gali juga menjelaskan acara Suro tersebut, dipimpin langsung oleh komunitas Garuda Mukha  sebagai pelestari budaya yang masih aktif hingga saat ini di Kediri. 

Tentu  tidak hanya diikuti oleh warga Kediri saja, tetapi juga ada dari berbagai elemen masyarakat dari Magetan, Surabaya, Mojokerto Jakarta, Malang, hingga Kalimantan.

“Jamasan pusaka untuk tahun ini kita buka untuk umum.  Dalam artian masyarakat umum boleh untuk menjamas. Kita juga  tidak kenakan biaya. Kita menyediakan bantuan sesaji, jadi sudah komplit,” jelasnya.

Untuk tahun ini, yang ikut dalam acara ruwatan sangat membeludak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

 “Awalnya yang menghubungi kontak person saya itu beberapa, tapi  di lapangannya banyak juga ini yang ruwatan. Kalau pusaka yang dijamas itu jumlahnya ratusan, bahkan mungkin ribuan ya tambahan,” bebernya.

Tradisi Grebeg Suro oleh Komunitas Garuda Mukho  telah berlangsung turun temurun. Diharapkan kegiatan budaya ini semakin membuat rukun masyarakat yang berbeda-beda dalam berbagai kalangan dan agama. (lik).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News