back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaBeritaJamaah Haji Kloter 28 JKG Asal Tangsel Ziarah ke Makam Rasulullah SAW

Jamaah Haji Kloter 28 JKG Asal Tangsel Ziarah ke Makam Rasulullah SAW

MADINAH, HARIANRAKYAT.ID – Jamaah Haji asal Kota Tangsel yang tergabung dalam Kloter 28 JKG, pada Jum’at (9/6/2023) melakukan ziarah ke makam Nabi SAW dan dua sahabat beliau, Abu Bakar dan Umar bin Khattab ra. Selanjutnya mereka masuk ke Raudhah.

Jamaah wanita mendapat jadwal pukul 07.00 WAS, dan jamaah laki-laki mendapat jadwal pukul 17.30 WAS. Hal tersebut tertuang dalam Tasreh.

Sejak tahun 2022, Pemerintah Arab Saudi mengharuskan jamaah haji memiliki Tasreh, yaitu surat izin untuk memasuki raudhah di Masjid Nabawi, Madinah.

Jamaah haji bisa mengunjungi Raudhah sesuai dengan jadwal jam yang telah diberikan di surat tersebut.

Ketua Kloter 28 JKG, Abdul Hapid, menjelaskan jamaahnya sangat bersemangat untuk berziarah ke makam Nabi SAW, termasuk para lansia.

“Alhamdulillah, Kloter 28 JKG mendapat jadwal pagi dan sore, sehingga hawa tidak terlalu panas. Kalau siang di sini bisa mencapai 49⁰ Celsius,” jelasnya.

Seluruh jamaah haji diperbolehkan masuk ke Raudhah termasuk yang lanjut usia.

“Tasreh untuk masuk ke Raudhah itu berlaku hanya sekali, tidak bisa dipergunakan dua kali. Jadi bagi jamaah yang tasrehnya sudah keluar , bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin kesempatan itu,” jelas Hapid.

Dirinya merasa bersyukur jamaah haji Kloter 28 JKG sampai saat ini dalam keadaan sehat wal ‘afiyat.

“Beberapa hari lalu ada satu jamaah haji yang dirujuk ke Klinik, tapi hanya satu malam menginap. Alhamdulillah sekarang sudah bisa beraktifitas lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Pembimbing Ibadah (TPIHI) Kloter 28 JKG, Abdul Aziz, menjelaskan Kloter 28 JKG akan menuju Mekah pada hari Ahad siang.

“Insya Allah kami akan meninggalkan Madinah menuju Mekah pada hari Ahad siang jam 14:00 WAS. Berangkat dari hotel sudah memakai pakaian Ihram, dan mengambil Miqot di Birr Ali,” tutupnya. (red).

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News