back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaBantenIntip Program Unggulan FKUB Tangsel, Ada Kajian Lintas Agama Secara Berkala

Intip Program Unggulan FKUB Tangsel, Ada Kajian Lintas Agama Secara Berkala

TANGSEL- FKUB Tangsel periode sekarang memiliki salah satu program unggulan yakni, Kajian Lintas Agama (KLA). KLA digelar secara rutin masing-masing lintas agama.

Ketua FKUB Tangsel Fachruddin Zuhri, dalam pembukaan kajian, mengatakan, KLA menjadi  penting dan sangat terasa manfaatnya. Karena melalui kajian ini Pengurus Harian FKUB, dapat memahami ajaran agama, baik Islam, Katholik, Kristen, Hindu, Buddha dan Khonghucu dalam batas-batas tertentu.

Demikian disampaikan Wakil Ketua I FKUB, Dr. H. Syamsuddin Dasan sebagai moderator menjelaskan, kegiatan KLA ini dibagi dalam empat tahap. Tentang iman menyangkut dogma yang melandasi kepercayaan. Kemudian  akidah menyangkut ritual peribadatan. Serta muamalah hubungan manusia sesama makhluk  sosial,  dan hubungan manusia  dengan alam sekitar. Serta  akhlak, menyangkut aktualisasi perilaku manusia yang mencerminkan pemahaman agama anutannya.

Sebagai  Pemateri Agama Buddha, R.My. Dr. I. Ketut Damana. Ia adalah Akademisi Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya BSD City Tangsel, di samping juga bertugas di Vihara Siddharta Pondok Aren.

Dr. Ketut menyampaikan saat diskusi mendalam dengan peserta,  ada beberapa hal penting  yang patut dicatat secara khusus, diantaranya. Bahwa dalam proses pendekatan manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada fase tertentu membutuhkan peretasan koneksi kepada hal yang bersifat duniawi.

“Dari tahapan demi tahapan kegiatan KLA, tampaknya seluruh Pengurus Harian FKUB sepakat bahwa, kegiatan ini memang pantas dikategorikan unggulan, dan semakin terasa begitu banyak manfaat yang diperoleh,” ujarnya.

Terutama semakin disadarinya bahwa tak ada satupun agama yang membenarkan permusuhan sesama umat ciptaan NYA, dan tak satupun ajaran agama memberikan toleransi terhadap tindakan anarkis destruktif dengan alam sekitar. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News