back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaBantenFKUB Tangsel Gelar FGD, Disdikbud Minta Masukan Positif

FKUB Tangsel Gelar FGD, Disdikbud Minta Masukan Positif

TANGSEL-Bangun masa depan generasi bangsa, FKUB Tangsel serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Focus Group Discussion (FGD). Berlangsung Selasa 27 September 2022, di Gedung Kelembagaan Kota Tangsel Jalan Siliwangi No 2 Pamulang.

Kepala Disdikbud Kota Tangsel, Deden Deni di dampingi Kepala Bidang SMP Muslim, menyampaikan pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berkewajiban mencetak kader bangsa yang berkarakter dan berakhlak. Pada sisi lain, lembaga pelat merah FKUB memiliki peranan penting menerima masukan dari lapisan masyarakat.

“Kami baru bertugas sebagai Kadisdikbud sembilan bulan. Kami tanya bahwa Pengurus Harian FKUB merupakan para tokoh agama dan tokoh masyarakat mumpuni. Dengan demikian  kami berharap bisa memperoleh berbagi masukan positif,” ujar mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel.

Sementara itu, Ketua FKUB Tangsel, Fachruddin Zuhri menjabarkan FGD ini antara lain menjalin kolaborasi ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan pentingnya memperkuat iman sebagai umat beragama. Sekaligus memperkuat komitmen kebangsaan, atau dengan kata lain pentingnya moderasi beragama.

“Dari FGD ini beberapa kesimpulan diantaranya jangka pendek tiga bulan kedepan, dimungkinkan ada kegiatan bersama, dengan peserta orangtua murid, aktivis sekolah (pengurus OSIS), serta para dewan guru. Adapun untuk jangka menengah 2023, yang akan datang bisa ditempuh semacam jambore melibatkan pelajar dari berbagai latar etnis dan agama,” Fachruddin menjabarkan.

Sementara itu,  FGD berlangsung lancar dan produktif. Dipandu Dr. H. Edi Amin. Dalam forum disepakati bersama bahwa, mendidik anak bangsa tidak bisa semata-mata melalui jalur formal, dan mengandalkan pemerintah. Tapi seluruh elemen  masyarakat diharapkan berpartisipasi.

“Sebaliknya membangun dan memelihara kerukunan umat beragama, juga mustahil efektif jika hanya bertumpu kepada FKUB dan semata berbasis pada rumah ibadah. Memelihara kerukunan umat membutuhkan peran serta berbagai pihak dan kreatifitas kegiatan yang menarik,” tutup Sekretaris Tim Sembilan Perumus Logo Kota Tangsel. (sin).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News