HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
HARIANRAKYAT.ID Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
BerandaTangerang RayaFestival Budaya Betawi Bakal Undang Raja-Raja Nusantara, Lokasinya di Pamulang Tangsel

Festival Budaya Betawi Bakal Undang Raja-Raja Nusantara, Lokasinya di Pamulang Tangsel

HARIANRAKYAT.ID, KOTA TANGSEL-Lembaga Budaya Betawi (LBB) Kota Tangsel tengah bersiap menggelar helatan akbar. Acara tahunan ini bakal diikuti dihadiri kerajaan Nusantara termasuk menampilkan berbagai kesenian budaya, pada (24-27/8) di Lapangan Eks Tomang depan Pamulang Square, Jalan Rawa Siliwangi, Pamulang Kota Tangsel.

Bendahara Festival Budaya Betawi Iman Syah menyampaikan saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk acara tahunan LBB. Lanjut ia, LBB mengadakan kegiatan festival sejak tahun 2017 silam. Biasanya diselenggarakan di wilayah Kecamatan Pondok Aren.

“Namun tahun ini kegiatanya diubah, menjadi kegiatan bergilir dari kecamatan ke kecamatan lain. Dimulai tahun 2023 di Kecamatan Pamulang,” ujarnya, saat ditemui di Pamulang.

Festival Budaya Betawi bakal membuka untuk budaya dari daerah lain, baik dari Jawa, Sunda, Batak, dan lain-lain. Dengan demikian dibuka untuk wilayah Jabodetabek supaya dapat ikut serta. Sehingga bisa tampil pada karnaval budaya Nusantara.

“Seluruh budaya akan menunjukan keunikan dan kekhasan masing-masing kepada masyarakat melalui pawai atau arak-arakan. Ini akan menjadi daya tarik khususnya bagi anak-anak, inilah kekayaan Indonesia yang dimiliki dari berbagai daerah,” tutur ia.

Selama tiga hari ini, bakal menampilkan berbagai kesenian lainnya seperti penampilan silat tradisi antar padepokan, festival lebaran Betawi, santunan anak yatim, ada juga festival lenong, festival qasidah, serta festival kuliner gado-gado Betawi serta festival tari kreasi Betawi dan festival band Betawi. Tak kalah menariknya lagi, ada festival palang pintu, serta penampilan lenong megapolitan, dan wahana permainan serta stand bazar.

“Semua itu dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 tahun dan upaya melestarikan budaya Betawi serta budaya di seluruh Nusantara jangan sampai putus. Jangan sampai punah oleh karena itu perlu dikenalkan kepada generasi milenial saat ini,” ujar pria murah senyum itu. (din).

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News