back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaDLH Tangsel Gelar Bimbingan Teknis Komunitas Peduli Lingkungan

DLH Tangsel Gelar Bimbingan Teknis Komunitas Peduli Lingkungan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan menggelar Bimbingan Teknis Komunitas Peduli Lingkungan, berlangsung di Hotel Soll Marina Serpong Utara, Kamis 20 Oktober 2022. Dihadiri 70 peserta terdiri dari 12 komunitas peduli lingkungan.

Dalam pembukaan dihadiri Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Irfan Santoso. Pihaknya  menyampaikan bahwa sebagai bentuk komitmen dalam mengelola dan menjaga lingkungan. Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan, Pembinaan Komunitas Peduli Lingkungan dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang. Berasal dari beberapa perwakilan komunitas peduli lingkungan.

Para peserta tengah mengikuti penyampaian pemateri dengan serius.

“Tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai suatu bentuk apresiasi pemerintah bagi masyarakat yang berperan serta dalam komunitas peduli terhadap lingkungan. Sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran, pembelajaran, meningkatkan motivasi antar komunitas peduli lingkungan dan memberikan penghargaan atas hasil kerja masyarakat dan komunitas,” ujarnya.

Tentu melalui kegiatan ini juga diharapkan para peserta mendapat pengalaman dan pembelajaran dari para narasumber dan penggiat Lingkungan di Kota Tangerang Selatan. Kegiatan Pembinaan, Komunitas Peduli Lingkungan dimaksudkan untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat serta membentuk peran serta masyarakat dalam pengelolaan Lingkungan Hidup.

 “Kegiatan Pembinaan Komunitas Peduli Lingkungan dalam meningkatkan kesadaran individu untuk mengambil tindakan dalam menjaga lingkungan hidup. Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Komunitas Peduli Lingkungan Tahun 2022,” jelasnya.

Sesi akhir dengan foto bersama, baik para peserta serta narasumber.

Sementara itu para peserta berasal dari komunitas peduli lingkungan, pertama dari Persatuan Bank Sampah Kota Tangerang Selatan (PERBAS), kedua, Perhimpunan TPS3R, ketiga, Perhimpunan Eko Enzim Indonesia, keempat, Perhimpunan Eko Enzim Nusantara, kelima, Persatuan Hijau Bumiku, Biru Langitku (HBBL), keenam, Rumah Magot Sabara, ketujuh, Magot Bakti Bersama, delapan, Depo Magot TPS 04 Serua Indah, sembilan, Ganespa, dan selanjutnya yang ke 10, dari  Orang Indonesia (OI), 11. Pertiwi Tangsel, serta 12, dari TBM Kolong Ciputat.

Dalam kegiatan ini juga ada paparan dari para narasumber dan diskusi. Materi yang disampaikan dari Pusdiklat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Amrizal tentang “Pengelolaan Lingkungan untuk Menyongsong Adipura”. Materi kedua, Ketua Ganespa Dodi Haryanto,  tentang“Konservasi Alam Sebagai Mitigasi Banjir” dan ketiga tentang  “Peningkatan Partisipasi dan Kepedulian Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah” H. Wakidi dari Perkumpulan Bank Sampah Kota Tangerang Selatan.

Turut hadir Kepala Bidang Tata Lingkungan, Doni Herawan, serta Kasi  Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Deniwati.  Acara berjalan dengan lancar, dan sangat interaktif. Para peserta bisa melakukan tanya jawab kepada para narasumber. (adv).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News