back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaDaerahDipercaya Tangani Pemotongan Hewan Kurban Selama Tiga Hari,  PJ Walikota Kediri dan...

Dipercaya Tangani Pemotongan Hewan Kurban Selama Tiga Hari,  PJ Walikota Kediri dan DKPP Tinjau Langsung

HARIANRAKYAT.ID KOTA KEDIRI-Pejabat (PJ) Wali Kota Kediri, Zanariah melakukan kunjungan ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH)  di Jalan Lawu, Campurejo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (17/6/2024).

PJ Walikota Kediri Zanariah menyampaikan jika RPH Kediri sudah bersertifikasi halal, dan petugas penyembelih pun sudah bersertifikasi halal, termasuk memiliki  veteriner untuk memeriksa kesehatan hewan kurban.

“Jadi Insya Allah tidak ada penyakit terutama penyakit cacing hati,” ujarnya.

Kemampuan RPH Kediri berkapasitas 20 ekor sapi  sehari. Tentu kalau memang kebutuhannya meningkat, akan dikembangkan lagi. Sementara itu penyembelihan hewan kurban akan berlangsung selama tiga hari tanggal 17-19 Juni 2024 tanpa mengurangi aktivitas pasokan ke pasar-pasar.

“Kalau untuk pemotongan  hewan yang dikirim ke pasar pasar tradisional  dikerjakan di malam hari. Jadi masih bisa tertampung,” tambah ia.

Di tempat yang sama Kepala Dinas (DKPP) kota Kediri Moh Ridwan menyebut jika hewan kurban yang dipotong di RPH Kediri tidak ada satupun yang ditemukan penyakit menular baik itu zoonosis maupun menular kepada hewan yang lain.

“Untuk memastikan bahwa hewan ternak itu kondisi sehat luar dalam, kami tidak hanya di RPH ini saja, tapi memastikan semua baik  di musala, di masjid yang menyembelih hewan kurban, semua kami pantau, kami dampingi dan  kami cek kesehatannya. Untuk memastikan tidak ada penyakit yang bisa menular kepada manusia,” tambah ia.

Total hewan kurban yang akan disembelih di RPH selama tiga hari kedepan sebanyak 31 ekor sapi dan 21 ekor kambing. Di tahun sebelumnya terdapat 38 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Pihaknya juga mewaspadai terhadap penyakit yang berpotensi menular  antar hewan ternak seperti penyakit mulut dan kuku (PMK) dan Lumpy Skin Diseases (LSD). Serta penyakit yang bisa menular kepada manusia seperti cacing hati.

Sebelumnya telah mengedukasi kepada masyarakat tentang tata cara penyembelihan dan bahaya penyakit menular yang mungkin terdapat di hewan ternak yang akan disembelih untuk kurban ini.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di RPH Kediri dapat berjalan dengan baik, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan tenang dan penuh berkah. (lik).

Tinggalkan Pesan

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News