back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaDaerahResmikan Kantor Kemasan Kota Kediri, Asal Usul Masyarakat Perajin Emas

Resmikan Kantor Kemasan Kota Kediri, Asal Usul Masyarakat Perajin Emas

KOTA KEDIRI- Walikota Kediri, Jawa Timur, Abdullah Abu Bakar meresmikan Kantor Kelurahan Kemasan, Kecamatan Kota, Kota Kediri, pada Selasa 24 Januari 2023. Asal usul masyarakat Kemasan, berprofesi perajin emas.

Orang nomor satu di Kota Kediri itu menyampaikan, dirinya begitu senang, dapat menyaksikan bersama-sama peresmian Kantor Kemasan. Fasilitas kantor tentu sangat mendukung jalannya pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah untuk Kemasan sudah punya kantor yang bagus representative. Saya cuman titip kalo kantornya sudah bagus, pelayanannya juga harus bagus. Dan menjadi catatan indeks kepuasan masyarakat harus meningkat,” ujarnya.

Harapan dari Pemkot Kediri, pelayanan harus lebih bagus tidak berbelit-belit. Jadi pelayanan bisa cepat, karena ruangannya juga tidak begitu besar. Lalu harapan yang kedua, agar  seluruh warga bisa memanfaatkan kelurahan ini untuk aktifitas yang positif.

“Seperti tadi pasukannya ada tari, kesenian dapat dilakukan di sini. Karena memang di Kemasan ini, wilayahnya tidak begitu besar dan saya harap juga nanti kelurahan manapun dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan seperti ini,” harap ia.

Camat Kota, Kota Kediri,  Arief Cholisudin menambahkan, peresmian kantor ini menjadi satu kebanggan bagi masyarakat. Terlebih peresmian langsung dilakukan oleh Walikota Abdullah Abu Bakar.

“Kita tahu semuanya bahwa selama ini Kelurahan Kemasan masih memakai lahannya PT KAI. Tapi Alhamdulillah Bapak Wali Kota, bapak lurah serta seluruh perangkat kelurahan dan juga dibantu warga dan bantuan dari teman-teman OPD akhirnya bisa terwujud memiliki kantor sendiri. Alhamdulillah megahnya luar biasa,” tambah ia.

Lanjut ia, bangunan yang megah ini memang sesuai apa yang diharapkan oleh lurah dan masyarakat. Desainnya mengadopsi apa yang menjadi kearifan lokal, ada juga pendopo yang disertai ukir-ukiran.

“Alhamdulillah di sini juga ada timbangan. Dari sisi sejarah, istilah Kemasan ini adalah tempat operasional kegiatan masalah emas. Semoga dengan  keberadaan gedung ini, janjinya lebih tepat dan maksimal pelayanannya,” harapnya.

Lurah Kemasan Suntoro menambahkan jika asal usul Kemasan, dulunya banyak pengrajin emas. Maka yang ada di sekitar Kelurahan Kemasan mengambil konsep kearifan lokal warga sekitar. “Dulu memang sejarahnya begitu, dan saya ini mengambil lagi konsep kembalinya kearifan lokal yang dulu,” terang Suntoro. (lik).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News