back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaBantenPospekot IX Tahun 2022 Tingkat Kota Tangsel Diikuti Lebih dari 500 Santri

Pospekot IX Tahun 2022 Tingkat Kota Tangsel Diikuti Lebih dari 500 Santri

TANGSEL– Lebih dari 500 santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) se Kota Tangsel mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospekot) IX tahun 2022 tingkat Kota Tangsel. Dibuka secara resmi pada Selasa 11 Oktober 2022, di Ponpes Al-Ikhwaniyah Pondok Aren.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Dedi Mahfudin, didampingi Kasi Pakis Kemenag Tangsel, Suhardi, Kabid Dispora Tangsel, Ketua FSPP Tangsel, Sekcam Pondok Aren, Lurah Pondok Aren, pimpinan Ponpes se-kota Tangsel, pengawas, dan para santri.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel Dedi Mahfudin, mengatakan Pospekot merupakan kegiatan berjenjang dan penyeleksian dimulai dari tingkat kota menuju tingkat provinsi (Pospeda) dan sampai pada tingkat nasional (Pospenas). Pospekot dan Pospeda dilaksanakan setiap dua tahun sekali, untuk selanjutnya dikirim ke ajang Pospenas yang dilaksanakan setiap tiga tahun.

“Kami sangat mendukung, dengan Pospekot ini kita tingkatkan budaya dan seni yang bernuansa Islami dalam rangka membina khazanah olahraga dan seni budaya bangsa. Melalui Pospekot ini juga kita wujudkan mental santri yang profesional dan cinta tanah air,” ujarnya.

Lanjut ia  Pospekot 2022 kali ini dapat menampilkan peran pondok pesantren di tengah masyarakat, apalagi menurutnya prospek syi’ar dan kualitas pesantren di kota Tangsel dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Tidak hanya kemampuan kognitif di pesantren saja, tetapi ada keterampilan lain yang menjadi prestasi. Karena Pospekot ini merupakan wadah untuk memunculkan santri-santri yang profesional di bidang olahraga dan seni, sehingga diharapkan santri yang telah berkompetisi akan menjadi santri luar biasa yang mampu berkompetisi di dalam maupun di luar lingkungan pesantren,” tegasnya.

Sementara itu, Kasi Pakis Kemenag Tangsel, Suhardi, menjelaskan kegiatan Pospekot IX tahun 2022 ini berlangsung pada tanggal 11-13 Oktober 2022 berpusat di dua tempat.

“Ada cabang seni dan cabang olahraga. Untuk cabang seni seperti hadroh, kaligrafi, dan seni pencak silat, dipusatkan di Ponpes Al-Ikhwaniyah, sedangkan cabang olahraga seperti lari 100 m, 200 m, 400m, senam, tolak peluru, dan lompat jauh, dipusatkan di Kodiklat TNI,” jelasnya.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada para pendukung acara, antara lain Pemkot Tangsel, Pondok Pesantren se-kota Tangsel, FSPP Tangsel, dan semua pihak yang ikut mensukseskan kegiatan Pospekot IX tahun 2022.

“Kita berharap para santri terbaik pada Pospekot ini dapat berprestasi dan meraih prestasi di ajang Pospeda bahkan hingga tingkat Pospenas, sehingga dapat mengharumkan nama Kota Tangerang Selatan,” tuturnya.

Dirinya juga berharap dukungan dari Pemkot Tangsel, baik moril maupun materil, untuk kegiatan-kegiatan di bawah Kemenag yang berskala Nasional, seperti Pospenas, Hari Santri, dan Pentas PAI.

“Karena semua prestasi yang diraih pada kegiatan tersebut akan mengharumkan nama Kota Tangerang Selatan,” tandasnya.

Pembukaan Pospekot IX tahun 2022 ini ditandai dengan pemukulan bedug dan pelepasan balon berwarna-warni ke udara. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News