back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaPemkot Atasi Genangan Air Berwarna Hitam di Jalan Raya Ceger Pondok Aren

Pemkot Atasi Genangan Air Berwarna Hitam di Jalan Raya Ceger Pondok Aren

TANGSEL, HARIANRAKYAT.ID-Pemkot Tangsel tengah merencanakan pembangunan drainase di Jalan Raya Ceger, Pondok Aren, yang mana kondisi jalan kerap dipenuhi air berwarna hitam. Kendati tidak ada hujan, di titik ini genangan air berwarna hitam selalu ada.

Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan didamping Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK), Robby Cahyadi serta Camat Pondok Aren Hendra dan jajaran kecamatan. Pilar memastikan setelah beberapa waktu lalu meninjau lokasi ini, memastikan lagi dengan melakukan peninjauan langsung.

“Pada hari ini ditemani Kepala DSDABMBK, bersama Camat Pondok Aren dan jajaran meninjau kembali Jalan Raya Ceger, dimana tahun lalu kita sudah melakukan peninjauan ke lapangan inspeksi dan Alhamdulillah pada anggaran perubahan tahun kemarin kita menganggarkan pelaksanaan DED dan Alhamdulillah sudah keluar,” ujar Pilar.

Lanjutnya, untuk menangani genangan air agar pengendara lebih nyaman dan menampilkan estetika, maka di tahun ini dipastikan bakal membangun drainase sehingga genangan air dapat mengalir dengan cepat. Jika tidak dibenahi, dipastikan tak ada solusi. Selain terlihat kurang nyaman, juga airnya hitam sehingga sangat mengganggu.

“Pada  anggaran murni tahun 2023, kita  telah disetujui untuk pembangunan drainase yang di mana ada elevasi yang harus di benahi. Juga nanti Kali Cantiga akan dilebarkan dari 4,5 meter hingga 7,5 meter serta ada yang 10 meter.

Selain itu, tidak hanya pembenahan drainase, juga peninggian jembatan agar genangan air cepat mengalir. Pilar menjelaskan, kenapa terjadi genangan, karena di titik ini merupakan dataran paling rendah, sehingga air tidak mampu mengalir pada hilir.

“Serta akan melakukan peninggian jembatan  supaya air yang mengalir dari jalan raya Ceger. Yang mana ini sebetulnya titik terendah yang menjadi titik banjir. Di sebelah lokasi ini, titik titik nya lebih tinggi. Dan drainase ini mengikuti elevasi jalan, itu lah yang akan kita perbaiki,” tandas Pilar.

Sedikitnya ada empat titik, yang akan ditangani dalam mengatasi genangan air. Dirinya memastikan saat ini sedang tahap lelang. Direncanakan pada minggu kedua Bulan Mei pembangunan fisik dapat dimulai.

 “Kita di titik P1 sampai P4 penanganan drainase. Jika dilihat dari struktur ada kenaikan jalan, dan ada penurunan menuju ke kali.  Dan genangan ini pada saat hujan, tidak bisa naik karena mengikuti elevasi jalan,”

Sementara guna mengatasi luapan, pompa air digunakan sehingga badan jalan terlihat kering, tidak tergenang air berwarna hitam lagi. “Sekarang kita rubah posisinya, supaya drainase bisa mengikuti elevasi yang seharusnya, sehingga air mengikuti gravitasi dan masuk ke Kali Cantiga. Sedangkan di kali Cantiga ada revitalisasi diperluas lagi, dan jembatan ditinggikan supaya air bisa lancar,” tutupnya. (red).

BalasTeruskan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News