back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaNasionalMenag Yaqut Cholil Qoumas Bukaan KSM Tingkat Provinsi Banten Tahun 2022

Menag Yaqut Cholil Qoumas Bukaan KSM Tingkat Provinsi Banten Tahun 2022

TANGSEL- Menag Yaqut Cholil Qoumas buka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Banten resmi dibuka pada Sabtu 10 September 2022 berlangsung di MAN Insan Cendekia Serpong, Kota Tangsel.

Turut hadir Staf Khusus Menag, Abdul Rohman, Kakanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurrachman, Kadis Pendidikan Banten, Thabrani, Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, Kepala Kantor Kemenag se-provinsi Banten, para pejabat eselon 2 dan 3, dan ratusan undangan.

Kehadiran Menag disambut dengan tarian penyambutan. Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh penampilan seni tari dari siswa-siswi madrasah.

Kakanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurrachman, dalam laporannya mengungkapkan kegiatan KSM Provinsi Banten tahun 2022 ini diikuti oleh 264 peserta dari 8 kabupaten/kota di Banten. Masing-masing kontingen mengirimkan peserta sebanyak 33 orang yang meliputi jenjang SMA/MA (Madrasah Aliyah), SMP/MTS (Madrasah Tsanawiyah), MI/SD (Madrasah Ibtidaiyah) yang menguji kompetisi 11 mata pelajaran.

Kesebelas cabang mata pelajaran tersebut yaitu Matematika terintegrasi MI, Sains Terintegrasi MI, Matematika Terintegrasi MTs, IPA Terpadu Terintegrasi MTs, IPS Terintegtasi MTs, Matematika Terintegrasi MA, Fisika Terintegrasi MA, Biologi Terintegrasi MA, Kimia Terintegrasi MA, Kimia Terintegrasi MA, Ekonomi Terintegrasi MA, dan Geografi Terintegrasi MA.

“Saya berharap seluruh peserta dan pengawas menjaga integritas dan sportivitas dalam berkompetisi. Saya yakin tahun ini siswa-siswi Madrasah Provinsi Banten mampu menjadi juara umum di tingkat Nasional,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengucapkan selamat datang di Kota Tangsel kepada Menag. Menurutnya suatu kehormatan bagi warga Tangsel mendapatkan kunjungan Menteri Agama pada kegiatan KSM tingkat provinsi banten.

“Meski Tangerang Selatan terhitung sebagai kota yang muda karena baru berusia 14 tahun, tapi indeks manusia di Tangsel termasuk baik. Warga Tangsel yang memiliki Motto Cerdas, Modern, dan Religius juga memiliki nilai toleran yang tinggi dalam hubungan bermasyarakatnya,” tutur Pilar.

Dirinya juga meminta bimbingan dan usulan Menteri Agama yang kebetulan hadir di acara ini, dalam membantu Kementerian Agama melaksanakan programnya.

“Untuk membantu masyarakat kurang mampu saat ini, Pemkot Tangsel sudah menyiapkan 1000 Bea Siswa bagi 1000 hafidz warga Tangsel,” ujarnya disambut tepuk tangan yang hadir.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Dedi Mahfudin, menjelaskan KSM Provinsi Banten tahun 2022 kali ini mengangkat tema Mandiri Berprestasi, Bangkitkan Negeri.

“Khusus untuk kota Tangsel, saya sudah memberi motivasi kepada para peserta untuk tampil baik, dan Insya Allah Tangsel menjadi juara umum,” ujarnya.

Kepala Kantor berharap semoga KSM ini bisa menjadi wadah yang positif untuk siswa dalam menunjukkan kemampuan terbaiknya menjadi siswa-siswi yang unggul dan berkarakter.

Hal senada juga disampaikan Kasi Penmad Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko, yang berharap semoga dengan kegiatan KSM ini para siswa dan siswi maupun pengelola madrasah, semakin bersemangat dalam meningkatkan kualitas diri dan prestasinya.

“Prestasi Madrasah, khususnya di wilayah Tangsel memang masih sedikit yang mengetahuinya. Padahal prestasi madrasah tak kalah dengan sekolah lain, seperti Madrasah Negeri Insan Cendikia misalnya. Berdasarkan hasil pengamatan dan survey yang kita lakukan, madrasah memang masih kurang populer di masyarakat perkotaan dan sedikit peminatnya,” ujar Edi.

Maka, sambungnya, ini menjadi tugas kita agar masyarakat perkotaan semakin mengenal madrasah dan madrasah pun mampu memenuhi harapan masyarakat dalam hal kualitas dan pelayanannya dalam dunia pendidikan.

Dirinya mengakui, adanya serbuan sekolah sejenis yang merupakan adopsi dari madrasah namun beda kemasan memang tak bisa dipungkiri.

“Kita akan terus berbenah, agar madrasah yang selama ini menjadi pusat pendidikan bagi masyarakat tetap eksis dan semakin maju,” tandasnya.

KSM tingkat provinsi Banten ini diselenggarakan pada tanggal 10-11 September 2022, yang terpusat di MAN Insan Cendekia Serpong. Kegiatan KSM juga dimeriahkan dengan pentas seni dan bazar. Panitia lokal juga menyediakan Photobooth untuk para pengunjung yang ingin berselfie-ria. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News