back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaDaerahMelongok Perajin Tas Berbahan Rumput Hutan Di Pangandaran

Melongok Perajin Tas Berbahan Rumput Hutan Di Pangandaran

PANGANDARAN, HARIANRANRAKYAT.ID-Perajin Hata Mitra Saluyu (PHMS) berbahan rumput hutan menjadi ragam produk menarik. Mulai dari tas, topi, tempat tissue dan masih banyak lainnya. Menjadi pilihan dalam pengembangan ekonomi wilayah Pangandaran, Jawa Barat.

Misman salah seorang penggerak kerajinan rumput hutan atau  Hata telah menekuni sejak tahun 1999, hingga sekarang.  Dibantu masyarakat setempat sekitar 50 sampai 100 orang. 

Usahanya ini pernah dilirik pemda setempat,  bersama Dekranasda  Pangandaran Jawa Barat. Hingga beberapa kali diminta menjadi keynote speaker untuk beberapa kegiatan kerajinan tangan, bahkan sampai berangkat ke Lombok dan Bali membawa bahan baku kerajinan Hata dari Pangandaran.

Agus Grave pemerhati Seni Budaya dari Dewan Kesenian Kota Tangerang Selatan menyempatkan diri bincang ringan dengan Misman sebagai penggerak PHMS yang bertempat di Dusun Sukamanah RT. 002/06 Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tepatnya tak jauh dari tempat wisata Citumang.

Agus Grave menuturkan kreatifitas semacam ini perlu diapresiasi dan didukung terlebih oleh Pemda terkait khususnya di Pangandaran Jawa Barat dan bisa ditiru kreatifitasnya oleh banyak pengrajin yang lain. 

“Bagi teman-teman pulau Jawa yang ingin melihat atau memiliki kerajinan tangan dengan nilai estetika tinggi tak perlu jauh ke Bali dan Lombok. Silahkan datang langsung ke Desa Bojong Kabupaten Pangandaran.

“Karena di desa inilah bahan baku tersebut berasal. Ada banyak kerajinan yang sudah dibuat Bapak Misman dan kawan-kawan seperti topi, gelang dll. Semua murni dari rumput hutan dan Worth it lah,” ujar ia.

Dirinya mengajak untuk tetap kreatif dan berpikir positif. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News