back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaNasionalKeseruan Emak-Emak Belajar Olahan Ikan Lele Bareng IKPP Tangerang

Keseruan Emak-Emak Belajar Olahan Ikan Lele Bareng IKPP Tangerang

KOTA TANGSEL-Puluhan emak-emak se Serpong Utara antusias mengikuti pelatihan olahan lele yang diadakan oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP), Tbk. Tangerang Mill.

Kegiatan itu berlangsung di Jalan Haji Joan, Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Rabu 15 Februari 2023.

IKPP Tangerang menghadirkan langsung pelatih terampil yaitu Pembudidaya dan Olahan Lele di Kelurahan Muncul, Sugiat.

Terlihat para emak-emak tersebut terlihat fokus memperhatikan bagaimana cara mengolah lele menjadi makanan yang lezat dan ada nilai pasar.

Pelatihan dimulai dari pencucian lele, memotong lele, mencampur adonan tepung agar gurih, dan memasak lele tersebut.

Head of Corporate Social Responsibility (CSR) IKPP Tangerang, Lily Yulianingsih mengatakan, kegiatan ini merupakan pelatihan lele dalam kegiatan program PT IKPP Tangerang. Dirinya menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan bisnis dari para emak-emak maupun bapak-bapak untuk bisa menjual produk turunan dari kolam lele.

“Jadi tidak hanya menghasilkan lele segar tapi juga ibu-ibu kita libatkan untuk bisa membuat olahan lele yang hari ini kita pelajari seperti lele krispi, rempeyek lele dan sebelumnya juga kita pernah ajarkan nugget lele, abon lele dan lain lain,” ujarnya.

Pihaknya akan terus mendampingi masyarakat agar mereka lebih bisa mengembangkan dirinya.

“Tidak hanya dari sisi pelatihan pelatihan saja, tapi juga inovasi inovasi lele juga harus kita pikirkan, termasuk marketnya juga nanti harus kita pikirkan juga. Dan  harus bagaimana mendampingi mereka jangan sampai mereka sudah memproduksi tapi tidak bisa berjualan,” terangnya.

Berharap dengan adanya pelatihan olahan lele ini agar masyarakat bisa lebih mandiri kedepannya, agar menjadi usaha kecil yang bisa dilakukan dari rumah.

“Harapan kita adalah masyarakat ini bisa mandiri kedepannya menjadi usaha usaha kecil yang mereka bisa lakukan dari rumah mereka, kelompok kelompok mereka bisa lebih maju dan berinovasi dengan produk produk lainnya,” paparnya.

Sementara itu, seorang peserta pelatihan, Tuti mengatakan, dirinya senang sebab pelatihan ini sangat menguntungkan. Selain mendapatkan ilmu, para emak-emak juga bisa menambah jenis usaha.

Tuti menerangkan, dirinya juga langsung akan mempraktekan pelatihan ini di rumah, agar bisa lebih terbiasa membuat olahan dari lele.

“Insya Allah saya bikin. Saya mau tawarkan ke teman-teman secara online Insya Allah. Karena saya memang sudah membuat lele berupa kerupuk lele. Jadi ini ada tambahan baru. Berartikan tambahan baru untuk usaha kita,” tutupnya.(red).

BalasTeruskan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News