back to top
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
HARIANRAKYAT.ID Mengucapkan Selamat Hari Buruh 1 mei 2024
BerandaTangerang RayaBPN Tangsel Kumpulkan 360 PPAT, Bahas Soal Regulasi

BPN Tangsel Kumpulkan 360 PPAT, Bahas Soal Regulasi

KOTA TANGSEL-Kantor Pertanahan atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tangsel di akhir tahun membina para PPAT. Sedikitnya ada 360 an yang tersebar di tujuh kecamatan, tengah melakukan pembahasan aturan -aturan terbaru.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, Harison Mocodompis menyampaikan di penghujung tahun pihaknya terus melakukan perampungan kerja-kerja selama tahun 2022. Dengan melihat agenda yang sudah dicanangkan, apakah sudah sesuai dengan target atau belum.

“Akhir tahun biasanya melakukan Finalisasi semua kegiatan. Memastikan semua target. Kalau bisa dipenuhi semuanya dan kalau ada kendala-kendala kita juga berusaha untuk memetakan apa kendala itu dan yang paling penting bisa melakukan proyeksi di tahun 2023 itu akan seperti apa. Dengan beban kerja kita, sudah memiliki kesiapan apa belum,” ujarnya.

Guna memastikan kerja PPAT yang tersebar di kecamatan-kecamatan serta kantor-kantor lainnya dapat berjalan dengan baik. Maka perlu ada penyamaan persepsi, perihal kebijakan-kebijakan baru dari pemerintah. Ini perlu ada kesamaan agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan mulus.

“Hari ini ada satu agenda penting pertemuan antara kami pejabat pembina PPAT dan teman teman PPAT ada yang telah kami kunjungi. Ada juga yang kami undang ke kantor. Maksud dan tujuan melakukan harmonisasi pemahaman dengan peraturan peraturan terbaru,” tambah ia.

Dirinya berharap, supaya kinerja PPAT dalam menjalankan tugasnya perlu kehati-hatian serta kejelian dalam meneliti berkas. Sebab ini akan memberikan kemudahan bagi jalannya tugas PPAT berikut para pimpinan yang ada. Jika keliru bakal berdampak buruk serta kepercayaan masyarakat akan mengendur. Dalam kesempatan ini, BPN sendiri memberikan ruang, tentang usulan dan koreksi apa yang perlu diperbaiki dan sebagainya. Demi kemudahan dalam menjalankan tugas bagi PPAT.

“Kita juga bersama-sama sharing informasi dengan  PPAT jika ada hal-hal yang menurut mereka mungkin bisa diperbaiki dalam tata kelola di BPN karena memang mereka sering dipercaya oleh masyarakat dan juga yang menjadi atensi adalah tertib dalam melakukan pencatatan akta-akta. Cermat tidak salah. Supaya tidak yang dikhawatirkan oleh masyarakat dan pimpinan bahwa baik BPN dan PPAT akan salah atau menjadi bagian dari praktik-praktik tidak benar dalam administrasi pertanahan,” tukasnya.

Sedikitnya ada  360 PPAT yang hadir selama tiga hari. Dan kemarin adalah hari terakhir. Pihaknya untuk menghadirkan para PPAT, telah mengirim surat. Namun ada yang berhalangan hadir. Bagi yang tidak bisa hadir  dengan alasan yang sah . Pihaknya memberikan ruang untuk diganti pada hari dan minggu berikutnya.

“Kita akan mengakomodir mengganti di Minggu berikutnya.  Sampai dengan tahun ini berakhir. Namun jika tidak ada pemberitahuan secara sah tentu kami sebagai dewan pembina akan menegur mereka dengan surat teguran,” tegas ia.  

Untuk yang mempunyai tata kelola dengan bagus, tak segan-segan memberikan piagam penghargaan. Sebagai wujud penghargaan bagi mereka.

“Dan bagi yang bagus  karena dalam tata kelola pasti ada yang bagus dan pasti ada yang keren. Saya juga akan memberikan surat apresiasi semacam piagam penghargaan kepada mereka PPAT yang telah bekerja dengan baik,” tutupnya. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Komentar Terbaru
Must Read
Related News